Saat Pesawat Mendarat Darurat

pesawat terbangKeunggulan pesawat terbang sebagai sarana transportasi bukan berarti bebas risiko. Ini mungkin skenario terburuk yang pernah anda bayangkan. Nyatanya moda transportasi pesawat adalah salah satu yang paling aman. Rasio kecelakaan mobil jauh lebih besar dari pada kecelakaan yang melibatkan pesawat.

Meski begitu Anda harus siap menghadapi sejumlah risikonya. Mulai dari risiko kecelakaan, jatuh, ataupun pendaratan darurat. Jika ini terjadi, bisa dipastikan kenyamanan yang Anda inginkan tidak menjadi kenyataan. Bahkan situasi bisa berubah seratus delapan puluh derajat. Tidak menutup kemungkinan Anda dan penumpang lainnya diliputi kepanikan yang luar biasa.

Masing-masing dari penumpang berusaha menyelamatkan diri. Hanya saja bila semua penumpang mengambil tindakan sendiri-sendiri, yang terjadi justru akan membahayakan keselamatan jiwa mereka sendiri. Dan kondisi ini jelas harus dihindari.
Salah satu contohnya jika pesawat yang Anda tumpangi tiba-tiba mengalami ditching (mendarat di air), tindakan apa saja yang harus Anda ambil, tips berikut ini bisa membantu Anda:

  • (1) Tetaplah bersikap tenang;
  • (2) Mematuhi semua  instruksi awak pesawat. Jangan sekali-kali mengambil tindakan sendiri karena hal itu bisa mengancam keselamatan Anda sendiri;
  • (3) Segera kenakan pelampung tapi jangan terburu-buru untuk dikembangkan;
  • (4) Segera keluar dari badan pesawat dengan tertib. Hindari berebutan dengan penumpang lainnya;
  • (5) Kembangkan pelampung jika Anda sudah berada di posisi sayap pesawat;
  • (6) Anda hanya memiliki waktu kurang lebih 90 detik untuk ke luar dari badan pesawat. Melebihi waktu tersebut, pesawat akan meluncur ke bawah dan menenggelamkan semua yang ada di sekitarnya;
  • (7) Anda harus segera berenang menjauh dari pesawat;
  • (8) Anda secepatnya berenang menuju perahu karet yang telah disiapkan;
  • (9) Selanjutnya ikuti semua instruksi  yang dikomandokan oleh kapten pilot atau awak pesawat lainnya yang memegang pusat komando.

Dengan mematuhi prosedur tersebut, Anda dan penumpang lainnya diharapkan bisa menghadapi saat-saat yang menegangkan tetap dalam kondisi yang terkendali. Utamanya lagi, seluruh penumpang dan kru pesawat bisa selamat dari ancaman maut.

Info Terkait :

3 Comments

  1. Anonim 26 Juni , 2012 Reply
  2. Anonim 26 Juni , 2012 Reply
  3. Anonim 27 Agustus , 2012 Reply

Leave a Reply