Mandala Airlines

mandala airMandala Airlines pada awalnya merupakan satu-satunya maskapai non pemerintah yang melayani penerbangan komersil. Maskapai yang memiliki kode penerbangan MDL dan berdiri pada tahun 1969 ini kini dibeli oleh Indigo Partners dan Cardig International sejak tahun 2006 lalu. Indigo Partners dan Cardig International melihat potensi  besar yang dimiliki oleh Mandala Airlines, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Kedua perusahaan tersebut merupakan kelompok usaha yang sudah cukup berpengalaman di bidang transportasi udara, jasa kurir, kargo, maupun logistik. Kesempatan inilah yang dimanfaatkan oleh Mandala Airlines untuk memperkuat brand image-nya sebagai maskapai penerbangan nasional yang modern, menawarkan kenyamanan dan keamanan serta berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang namun tetap dengan tarif yang terjangkau.

Masalah keamanan memang telah menjadi prioritas maskapai ini. Sejumlah audit pun dilakukan oleh Mandala Airlines agar bisa mendapatkan standar keselamatan penerbangan internasional, baik sertifikasi IOSA  maupun IATA.

Sayangnya, masalah finansial sempat mengguncangkan tubuh Mandala Airlines. Pada tanggal 12 Januari 2011 maskapai ini berhenti beroperasi karena terjebak hutang sebesar Rp. 800 miliar kepada 271 kreditur. Beruntung pada bulan berikutnya, para kreditur menyetujui upaya merestrukturisasi hutang Mandala Airlines ke dalam bentuk saham. Akhirnya pada bulan Juni 2011, maskapai ini bisa beroperasi kembali. 51% sahamnya kini dikuasai oleh PT. Saratoga Investment Group, 33% dikuasai oleh Tiger Airways (Singapura), sisanya sebesar 16% tetap dipegang oleh pemilik saham yang lama serta para kreditur.

Mandala_Airlines  Tiket-Pesawat-Mandala-Air

Armada Pesawat

Mulai 16 Januari 2009, Mandala Airlines menerapkan kebijakan one-single aircraft policy. Yakni hanya mengoperasikan satu jenis pesawat saja berupa Airbus A320 berkapasitas 180 kursi dan Airbus A319 berkapasitas 144 kursi. Pesawat jenis Airbus selain dikenal canggih juga memiliki teknologi yang ramah lingkungan dan lebih efisien bahan bakar.

 

Rute Penerbangan

Sekarang ini Mandala Airlines ini telah melayani rute penerbangan di lebih dari 20 kota besar di Indonesia. Sebagian besar merupakan wilayah Indonesia bagian barat seperti Alor, Flores, Kupang, dan Ende. Selama ini wilayah tersebut memang kurang diminati oleh maskapai penerbangan lainnya. Untuk rute penerbangan internasional yang sudah dilayani adalah Jakarta-Singapura, Jakarta-Macau, dan Jakarta-Hongkong. Informasi lebih lanjut bisa Anda dapatkan di kantor PT. Mandala Airlines, Jl. Tomang Raya Kav. 33-37, Jakarta, telepon 021-5665434 atau melalui websitenya di: mandalaair.com/

FacebookTwitterGoogle+Share

Info Terkait :

5 Responses to Mandala Airlines

  1. Anonymous mengatakan:

    harga tiket batam-yogya brapa en utk tgl 26 agust ada nda

  2. Anonymous mengatakan:

    masalah refund untuk penerbangan yg dibatalkan bulan februari bagaimana kelanjutannya?
    saya harus menghubungi ke mana?
    kalau dihitung sudah hampir 8 bulan refund kami tidak kunjung diterima.
    mohon diperhatikan kepentingan customer anda Mandala yang terhormat

  3. JOKO ANJ1N6 mengatakan:

    si Joko pemilik lama mandala, maling duit pembeli tiket mandala,sudah tau bangkrut tapi sampai hari terakhir sebelum dinyatakan bangkrut masih buka stand promo di mall-mall besar, tujuannya untuk mengeruk duit orang lain, penipuan massal seperti ini aja si Joko masih aman-aman aja sampe skarang, duit yg dibawa lari mencapai 150milyar hasil penipuan tiket, luar biasa Joko, nama sama tingkah laku loh sama murahannya ! jangan sampe anak perempuan atau laki elo jadi pecun atau germo buat nebus dosa duit yg elo ambil dari pemebeli tiket !

  4. […] sekarang ada tiket pesawat promo ke Malaysia, Singapura dan Thailand. Promo ini diadakan oleh Tiger Mandala Air. Dengan rute pemberangkatan dari […]

  5. […] langka menjelang libur akhir tahun, maskapai Tigerair Mandala menawarkan berbagai promo menarik bagi wisatawan yang gemar berburu tiket pesawat murah. Kali ini, […]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>