Susi Air

tiket-susi-air

Ingin cari tiket pesawat murah Susi Air ? anda bisa cari dan temukan lewat mesin pencari tiket yang ada dibawah ini. Namun sebelum itu mungkin anda perlu tahu kisah dibalik berdirinya Susi Air. Yang mana maskapai buatan Ibu Susi Pudjiastuti begitu unik dalam industri penerbangan tanah air.

Susi Air didirikan pada tahun 2004 oleh pasangan suami isteri Christian von Strombeck dan Susi Pudjiastuti. Pada awalnya maskapai ini tidak digunakan untuk melayani penerbangan komersil, melainkan untuk mengantarkan muatan perikanan milik Susi, yakni PT. ASI Pudjiastuti.

 

Ketika gempa bumi mengguncangkan Samudra Hindia pada tahun 2004, tepatnya di pesisir barat Sumatera, dua unit pesawat Cessna Grand Caravan milik Susi Air langsung diterjunkan untuk mengirimkan bantuan obat-obatan dan sejumlah peralatan yang diperlukan untuk membantu evakuasi korban di sana.
Pada tahun 2005, Susi Air memesan lagi satu unit Grand Caravan sehingga maskapai ini mulai bisa mengoperasikan penerbangan berjadwal dari Medan. Setelah itu Susi Air kembali memesan beberapa Grand Caravan tambahan, Diamond Twin Star, Pilatus Turbo Porter, dan Diamond Diamond Star. Bahkan pada tahun 2009 lalu Susi Air telah memesan 30 unit Grand Caravan saat pertunjukan Paris Air Show digelar.

susi-air

Rute Penerbangan

Saat ini Susi Air beroperasi dari lima pangkalan penerbangannya di Medan (Sumatera Utara), Jakarta Timur (Jakarta), Cilacap (Jawa Tengah), Pangandaran dan Bandung (Jawa Barat), Balikpapan (Kalimantan Timur), dan Jayapura (Papua).

  • Jakarta : Halim PK – Pangandaran, Halim PK – Cilacap
  • Adapun rute penerbangannya dengan kota tujuan Bandung, Cilacap, Jakarta, Pangandaran, Balikpapan, Banjarmasin, Datah Dawai, Long Apung, Long Bawan, Malinau, Melak, Muara Teweh, Samarinda, Tarakan dan Tanjung Selor

Sementara diwilayah Indonesia Timur ada di Jayapura, Biak, Bintuni, Fakfak, Jila, Jita, Manokwari, Mulia, Nabire, Oksibil, Sorong, Serui, Sinak, Tanah Merah, Timika, Wemena, Aek Godang, Blang Pidie, Medan, Meulaboh, Silangit, Pulau Simeulue, Kutacane, dan Banda Aceh. Untuk penerbangan harian berjadwal akan beroperasi di Bandara Nagan Raya (Meulaboh), Bandara Lasikin (Pulau Simeulue), Bandara Silangit, dan Bandara Aek Godang.

susi-air-cessna

Armada Penerbangan

Saat ini Susi Air memiliki 50 armada dan menjadi operator pesawat Cessna Grand Caravan yang terbesar di Asia Pasifik. Armada yang dimiliki Susi Air tesebut digunakan untuk melayani charter penumpang, evakuasi medis, kargo, dan survei. Pesawat terbang yang dipakai merupakan jenis pesawat kecil ringan, yang utamanya memakai baling-baling. Ini guna memenuhi tuntutan rute penerbangan perintis yang cenderung mempunyai landasan pacu pendek pada bandara kecil di kota-kota terpencil. Jenis pesawatnya adalah :

    • Piaggio Avanti II
    • Cessna Grand Caravan
    • Pilatus Porter
    • Dornier
    • Air Tractor
    • Diamond Twin Star
    • Piper Archer
    • Agusta Grand
    • Agusta Koala

Harga Tiket Pesawat Susi Air

Untuk harga tiket pesawat berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan, tergantung rute dan jenis pesawat yang dipakai. Pada saat ini misalnya untuk rute di Jawa, dari Jakarta ke Cilacap sekali jalan harga tiket pesawat adalah Rp. 1.217.000

Route Date Departure Arrival Fare  (IDR)
Malinau (R.A Besing) – Samarinda (Temindung ) 01/07/2016 13:40 15:20 1,412,500.00
Jakarta (Halim P.K) – Cilacap (Tunggul Wulung) 30/06/2016 07:30 08:40 1,217,000.00
Jakarta (Halim P.K) – Cilacap (Tunggul Wulung) 30/06/2016 12:00 13:10 1,217,000.00
Jakarta (Halim P.K) – Pangandaran (Nusawiru) 30/06/2016 15:00 16:00 824,000.00
Nunukan ( Nunukan ) – Tarakan (Juwata) 30/06/2016 15:30 16:00 330,500.00

Tiket Promo Susi Air

Harga tiket promo merupakan hal yang dinanti-nanti, tak terkecuali di Susi Air. Tidak seperti maskapai penerbangan lain yang gencar lancarkan harga promo, Susi Air cenderung tetap dalam menerapkan pola harganya. Dikarenakan merupakan maskapai penerbangan perintis menjadikan harga tiket pesawat susah diubah atur mengikuti irama pasar. Pada saat tertentu harga promo ada, tapi bersiap saja untuk rogoh kocek mendalam untuk bayar tiket Susi Air dengan harga normal.

 

Cara Booking Tiket Pesawat Susi Air

Mencari dan beli tiket pesawat Susi Air bisa dibilang susah-susah gampang. Pasalnya mereka memakai sistem tertutup, menjadikan agen tiket pesawat susah untuk gabung langsung. Jadinya beli tiket pesawat biasanya langsung pada konter resmi maskapai di bandara-bandara. Atau bila ingin online bisa menuju langung ke situs mereka. Anda bisa bayar pakai kartu kredit. Booking tiket pesawat pakai telepon juga bisa, anda tinggal siapkan uang nanti di bandara untuk beli tiketnya. Adapun metode pembayaran bisa pakai uang cash, bayar ATM atau transfer internet banking. Anda juga bisa bayar di Indomaret terdekat.

Perubahan dan Pembatalan Tiket Pesawat

Untuk lakukan perubahan atau pembatalan tiket dapat menghubungi Susi Air Call Center +62 811 211 3080, +62 811 211 3090, or 0 800 1 22 7874. Anda akan dikenakan fee untuk layanan in:

  •  tiga hari sebelum keberangkatan (H -3)  akan ada potongan 25% dari harga tiket
  • (H -2) akan ada potongan 50% dari harga tiket
  •  (H -1) akan ada potongan 75% dari harga tiket
  • Hari keberangkatan (H) tidak bisa dilakukan, alias tiket akan hangus

Naik Pesawat Dengan Bayi dan Anak

Susi Air menerapkan kebijakan : Bayi adalah mereka yang belum genap berumur 2 tahun. Bayi bisa duduk dipangkuan orang tua tanpa dapat kursi sendiri. Maksimun 50% tempat duduk harus dipenuhi orang dewasa dengan catatan pada pesawat berkapasitas 9 orang, jumlah bayi maksimal adalah 4 orang. Jika anda masih ragu dengan membawa anak sebaiknya kontak customer service

Bagasi Naik Pesawat

Bila anda bepergian tentunya bawa barang yang tidak sedikit. Faktor utama yang jadi perhatian adalah berat barang yang diperbolehkan naik ke pesawat. Mengingat pesawat Susi Air itu kebanyakan adalah pesawat kecil, jadi bawa bagasi pun sangat dibatasi. Batas maksimal barang bagasi adalah 15 kg. Sementara untuk tas kabin berat maksimal sebesar 7 kg. Lebih dari ini akan ada biaya tambahan.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Susi Air bisa langsung mengunjungi websitenya di Susiair.com/ atau menghubungi line telepon (24 jam non stop) +62 811 211 3080; +62 811 211 3090

Info Terkait :

5 Comments

  1. Anonymous 22 November , 2011 Reply
  2. Anonymous 26 Agustus , 2012 Reply
  3. Hj Amar 9 November , 2012 Reply
  4. zain 18 April , 2013 Reply
  5. Taufan 3 Mei , 2013 Reply

Leave a Reply