Perhatikan Barang Bawaan Anda Saat Naik Pesawat

Perhatikan Barang Bawaan Anda Saat Naik Pesawat

Tips
Kamis, 25 Agustus 2011 15:18

bagasi pesawatSaat Anda naik pesawat terbang, pastikan semua bawaan Anda dalam keadaan aman. Jika jumlah barang bawaan kapasitasnya kecil tentu lebih mudah dalam pengawasannya. Namun jika kapasitas barang berjumlah besar dan harus ditaruh dibagasi, Anda perlu mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan tentunya bisa menganggu kelancaran Anda bertransportasi.


Pertama, kenali jenis barang yang bisa dibawa ke dalam pesawat maupun yang tidak diijinkan. Barang yang bisa dibawa ke pesawat antara lain: makanan kering, sikat gigi, baju, sabun batangan, buku, dan barang-barang yang tidak mengandung magnet maupun alkohol. Barang yang tidak diijinkan dibawa ke pesawat yakni benda cair (misal minyak goreng, cairan yang bersifat korosif semisal air raksa dan accu), hewan piaraan, buah yang baunya menyengat (misal durian), kompor, lampu gas, tabung oksigen, benda tajam, korek gas, pistol, bahan peledak, kembang api, dan benda berbahaya lainnya.


Kedua, bawalah barang secukupnya saja sehingga Anda tidak terlalu repot mengurusi barang bawaan tersebut. Barang dengan berat maksimum 5 kg masih diijinkan dibawa ke kabin pesawat.  Melebihi kapasitas tersebut, barang harus ditaruh di bagasi. Kapasitas bagasi pesawat perorang rata-rata 20-25 kg. Jika barang bawaan Anda melebihi kapasitas tersebut, maka Anda akan dikenai biaya tambahan.

Untuk surat penting maupun dokumen sebaiknya Anda masukkan ke dalam tas (bukan kopor) sehingga bisa dibawa masuk ke dalam kabin pesawat dan posisinya selalu dekat dengan Anda. Untuk barang berharga semisal uang tunai maupun perhiasan sebaiknya Anda masukkan ke dalam tas kecil sehingga bisa diselempangkan ke tubuh Anda. Jangan menaruh barang-barang tersebut di dalam kopor di bagasi karena risiko hilang atau rusak sangat besar. Bila menggunakan kopor, pilihlah kopor yang dilengkapi dengan kode pengaman.


Ketiga, jangan menaruh barang bawaan Anda secara sembarangan. Pastikan  semua barang bawaan dalam jangkauan pengawasan Anda. Begitu sampai di tempat tujuan, segera cek barang yang berada di bagasi dan  pastikan semua barang dalam kondisi baik sebagaimana semula. Jika terjadi kehilangan, Anda harus secepatnya melaporkan kepada petugas terkait.

 

Komentar Anda  

 
+1 #1 erw 2012-12-22 20:35
Quote
 

Beri Komentar (Perhatikan, Komentar tidak akan langsung muncul! anda tidak perlu mengulang-ulang komentar)


Security code
Refresh