Macam-macam Sistem Boarding Penumpang Pesawat

Macam-macam Sistem Boarding Penumpang PesawatAda banyak prosedur yang harus dilakukan saat hendak naik pesawat. Bahkan saat hendak masuk ke badan pesawat sekalipun, kita masih harus direpotkan dengan proses boarding. Secara umum, boarding berarti memasukkan penumpang ke dalam pesawat. Lantas, mengapa boarding pesawat sangat rumit dan harus mengikuti aturan tertentu? Pesawat memiliki jadwal keberangkatan yang sangat padat.

Jadi waktu yang diperlukan untuk penumpang masuk ke dalam pesawat sangat terbatas. Oleh sebab itulah diperlukan aturan khusus agar jangan sampai penumpang saling berebutan kursi atau koper tersusun secara berantakan karena penumpang yang tidak tertib.

Pesawat terbang adalah alat transportasi mahal. Ini juga merupakan salah satu bentuk service dari maskapai penerbangan untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang. Proses pengaturan masuknya penumpang ke dalam pesawat sangatlah beragam. Tipe boarding pesawat yang pertama adalah mengarahkan penumpang dari ekor pesawat. Penumpang kelas pertama diijinkan masuk terlebih dahulu, menyusul penumpang di kelas lain melalui bagian belakang pesawat. Tentu metode ini tidak bebas masalah.

Masalah yang paling umum adalah tumpukan penumpang karena setiap penumpang harus menyimpan barang bawaan di dalam bagasi sebelum akhirnya duduk di kursi masing-masing.

Sistem boarding berikutnya dikenal dengan nama random boarding atau boarding acak. Kenapa disebut acak? Karena setelah penumpang kelas pertama masuk, penumpang lainnya segera menyusul tidak peduli jenis tiket yang dibawa. Metode ini terkadang berjalan kurang efektif karena penumpang yang masuk dalam waktu hampir bersamaan akan menimbulkan kepadatan di dalam pesawat. Metode berikutnya dikenal dengan nama Block Boarding.

Sistem ini cukup kompleks karena penumpang dimasukkan berdasarkan baris kursi. Yang duduk di baris paling kiri dan kanan akan masuk terlebih dahulu, menyusul penumpangyang duduk di barisan tengah.

Cara ini sangat baik karena masuknya penumpang benar-benar diatur secara sistematis agar tidak menimbulkan kekacauan. Namun konsekuensinya, waktu yang dibutuhkan untuk menempatkan semua penumpang di kursinya masing-masing juga relatif lama.

Yang terakhir adalah boarding rotasi, yang berarti penumpang di bagian depan dan belakang pesawat dimasukkan secara silih berganti hingga keduanya bertemu di bagian tengah pesawat. Cara ini tentu sangat efisien karena memanfaatkan 2 pintu masuk dan dilakukan secara simultan.

Apapun metode yang boarding yang diterapkan, usahakan anda patuhi dan tetap bersabar selama menunggu giliran. Karena banyaknya orang yang ingin segera berada ditempat duduk mereka masing-masing,emosi biasanya akan merangkak naik ke tensi yang tinggi. Jadi tetap santai woles dan ikuti petunjuk dari petugas lapangan maskapai penerbangan.

Info Terkait :

Leave a Reply