Tips Bepergian saat Musim Dingin

Tips Bepergian saat Musim DinginBepergian saat musim dingin biasanya sangat dihindari oleh traveler. Apalagi bagi kita orang Indonesia yang selalu dalam kondisi tropis sepanjang tahun. Jika tiba-tiba merasakan suhu di bawah 0 derajat celsius, tubuh bisa shock karena belum terbiasa.

Selain itu, bepergian saat musim dingin juga biasanya memerlukan persiapan lebih matang dan barang bawaan lebih banyak. Masalah lain yang mungkin akan anda temui adalah penundaan penerbangan karena gangguan cuaca.

Di tempat tujuan anda juga akan menemukan masalah lain, seperti salju yang memenuhi jalan. Mengendara di atas salju perlu kehati-hatian karena ban mudah slip. Pokoknya, ada seribu satu masalah yang akan anda temui jika bepergian saat musim dingin. Lalu bagaimana jika anda terpaksa harus pergi? Silakan ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Hindari puncak kunjungan. Musim dingin bukan berarti penerbangan ikut-ikutan lesu. Tidak peduli musim panas, musim semi, atau musim dingin, puncak kunjungan akan selalu terjadi. Oleh sebab itu anda sebaiknya memesan tiket pesawat jauh sebelum keberangkatan. Selain bisa menghindari kerepotan mencari tiket pesawat, anda juga bisa mendapatkan tiket dengan harga lebih murah.

  2. Berikan waktu lebih banyak untuk berkemas. Bepergian saat musim dingin memaksa kita untuk mempersiapkan diri secara lebih matang. Beberapa jam sebelum keberangkatan, cek kembali barang bawaan anda apakah sudah lengkap. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan penting seperti jaket, mantel, syal, kaos, dan pakaian dingin lainnya. Di kota-kota yang mengalami musim salju, perjalanan bisa lebih lama dari seharusnya, belum lagi prosedur pembersihan es hingga 1 jam.

  3. Waspada resiko terkena flu atau penyakit lainnya. Perubahan cuaca yang tiba-tiba bisa memicu munculnya berbagai jenis penyakit. Sebelum bepergian saat musim dingin, sebaiknya check kondisi fisik anda. Jika sebelum keberangkatan anda mengalami gejala sakit, tidak ada salahnya untuk menunda keberangkatan. Berlibur saat sedang sakit tidak enak. Namun jika anda harus pergi karena urusan yang mendesak, bawalah obat-obatan ringan, seperti obat flu dan batuk. Atau anda juga bisa mencari vaksin flu ke dokter sebelum keberangkatan.

  4. Selalu gerakkan tubuh anda. Bepergian saat musim dingin bisa membuat tubuh anda membeku. Jika duduk terlalu lama saat suhu sedang dingin, darah bisa menggumpal di sekitar kaki dan menimbulkan penyakit yang disebut dengan Deep Vein Thrombosis (DVT). Oleh sebab itu, lakukan berbagai aktivitas agar sendi-sendi anda tetap bekerja dengan baik. Selain itu, bergerak juga bisa membakar kalori sehingga membuat tubuh lebih hangat.

  5. Ubah pola makan anda. Di dalam kondisi cuaca yang dingin, tingkat oksidasi di dalam tubuh akan menjadi sangat tinggi. Itu karena tubuh perlu mempertahankan suhu tubuh. Anda akan menjadi lebih sering lapar dan sering buang air kecil. Jangan samakan dengan kebiasaan makan atau minum di rumah. Jika di rumah anda tidak suka minum air, di tempat yang dingin anda harus meminum banyak air agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Nah, itu adalah beberapa tips bepergian saat musim dingin.

Info Terkait :

Leave a Reply