Keunikan Pulau Kakaban di Kalimantan Timur

Pulau Kakaban Kalimantan Timur menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Dari sekian banyak objek wisata di Kalimantan Timur, salah satu yang cukup menarik minat wisatawan adalah Pulau Kakaban. Tentu ada sesuatu yang membuat objek wisata ini begitu populer di kalangan para traveler lokal maupun mancanegara. Pulau Kakaban terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau dengan luas kurang lebih 774,2 hektar.

Pulau ini memiliki banyak keunikan, salah satunya adalah dikelilingi oleh perairan yang luas. Biasanya sebuah pulau sebagian besarnya adalah daratan, namun Pulau Kakaban hanya memiliki sedikit daratan, berbanding terbalik dengan danaunya yang sangat luas sekali. Danau yang mengitari Pulau Kakaban ini melalui proses pembentukan selama berjuta-juta tahun. Berbagai spesies hewan unik bisa anda temukan di danau ini, salah satunya adalah ubur-ubur khas Kakaban.

Keunikan lain yang dimiliki oleh Objek wisata Pulau Kakaban adalah memiliki bentuk angka 9. Pola ini terlihat semakin jelas jika dilihat dari atas, misalnya dari satelit atau dengan naik helikopter. Pola angka 9 itu adalah daratan yang tersusun atas atol. Proses pembentukannya memerlukan waktu ribuan tahun. Selama proses tersebut, atol yang tadinya berada di bawah air, semakin terangkat naik hingga muncul ke permukaan.

Bahkan sekarang tingginya sudah mencapai 50 meter. Nama Pulau Kakaban juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu “memeluk”. Nama ini diberikan karena atol yang terdapat di Pulau tersebut seolah-olah memeluk laguna.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan disini, misalnya berenang atau menyelam. Ada 9 titik penyelaman yang sering dikunjungi oleh wisatawan, anda bisa berenang disini untuk melihat keindahan bawah laut Pulau Kakaban. 8 titik penyelaman berada di luar pulau, satunya lagi adalah di dalam pulau. Pemandangan di dalam atau di luar pulau sama indahnya.

Di luar pulau anda bisa melihat berbagai spesies hewan laut, sedangkan di dalam danau anda bisa melihat spesies ubur-ubur yang telah berevolusi hingga kehilangan sengatnya. Ada satu lagi keunikan dari Danau Kakaban. Jika biasanya danau diisi oleh air tawar, Danau ini diisi oleh air payau.

Bahkan Danau Kakaban merupakan 1 dari 2 danau air payau paling terkenal di dunia. Danau lain yang memiliki karakteristik serupa adalah Danau di Mikronesia. Danau ini juga memiliki banyak alga hijau yang merupakan makanan dari ubur-ubur. Spesies hewan lain yang terdapat di danau ini diantaranya anemon, krustasea, dan mentimun laut. Bahkan beberapa spesies hewan yang belum dikenal juga terdapat di Danau ini.

Berlibur ke Pulau Kakaban, anda bisa menghabiskan waktu melihat keindahan lautnya. Selain berenang atau menyelam, anda bisa melihat berbagai spesies hewan unik, berkunjung ke Pulau-pulau lain seperti Derawan, Maratua atau Sangalaki, melihat sunset, melakukan olahraga air seperti banana boat, dll. Jika tidak ingin sibuk mempersiapkan liburan ke tempat ini, anda bisa memakai jasa agen perjalanan.

Tarif yang dikenakan tidak terlalu mahal, rata-rata 1-3 juta untuk setiap orang. Tidak mahal karena di dalamnya sudah termasuk konsumsi, akomodasi, transportasi, menyewa wahana permainan, dokumentasi dan berbagai perlengkapan lainnya.

Info Terkait :

Leave a Reply