Informasi Tentang Tarif Bagasi Pesawat

Informasi tentang Tarif Bagasi PesawatSalah satu hal penting berkaitan dengan perjalanan dengan pesawat adalah tarif bagasi. Banyak orang menyepelekan hal ini. Satu tiket pesawat biasanya sudah termasuk tarif bagasi, namun beratnya terbatas. Biasanya maskapai penerbangan memberikan batas 20 kg bagasi gratis kepada penumpang.

Berat Bagasi Pesawat

Harga yang harus anda bayar untuk bagasi bermacam-macam. Ini tergantung dari berbagai hal. Seperti jenis maskapai, lamanya penerbangan. pesawat domestik atau internasional. Dan jenis tiket pesawat yang anda beli. Karena harga tiket kelas ekonomi, dengan bisnis dan eksekutif akan berbeda. Semakin mahal tiket pesawat dengan sendirinya, berat barang bawaaan anda boleh lebih. Jadi bagasi bisa mencapai 30-50kg per penumpang.

Jika naik pesawat perintis, batas bagasi 10kg merupakan suatu berat normal. Pada maskapai lain malah anda harus bayar. Ini dihitung berdasar berat. Dan harga murah mahal akan anda temui alam praktek di lapangan.

Biaya Kelebihan Bagasi

Berat bagasi anda lebih dari yang diperbolehkan ?, biaya akan dibebankan kepada penumpang. Yang perlu anda tahu adalah tarif bagasi memang relatif murah, sekitar Rp.30.000 hingga Rp.50 ribu rupiah per kg. Namun angka itu akan melonjak drastis jika anda membawa banyak barang saat bepergian.

Bayangkan saja, jika anda membawa kelebihan barang sebesar 10 kg dengan tarif per kilo Rp. 30.000. Itu berarti anda harus membayar biaya tambahan Rp. 300.000,-. Bahkan ada maskapai yang menetapkan tarif bagasi lebih besar daripada kisaran yang telah disebutkan tadi. Bagaimana jadinya jika tarif bagasi lebih mahal dari tiket pesawat anda?

Jika anda sudah terbiasa dengan hal tersebut, mungkin tidak masalah. Namun jika anda baru pertama kali mengalaminya, ini akan membuat anda berpikir 10 kali untuk membawa barang bawaan berlebih. Lalu, bagaimanakah cara mengatasi masalah ini?

Contoh Tarif Kelebihan bagasi

Contoh kelebihan bagasi Air Asia
Excess Baggage Charges  per kg Rp. 117.000

Biaya Kelebihan Bagasi Citilink

Deskripsi Biaya Kondisi
1 Bagasi lebih, untuk 0-1 jam penerbangan 15.000 Per Kg
2 Bagasi lebih, untuk 1 – 1 jam 29 menit penerbangan 20.000 Per Kg
3 Bagasi lebih, untuk 1,5 jam – 1 jam 59 menit penerbangan 25.000 Per Kg
4 Bagasi lebih, untuk 2 – 2 jam 29 menit penerbangan 30.000  Per Kg
5 Bagasi lebih, untuk 2,5 –  2 jam 59 menit penerbangan 35.000 Per Kg
6 Bagasi lebih, untuk 3 –  3 jam 29 menit penerbangan 40.000 Per Kg
7 Bagasi lebih, untuk 3,5 –  3 jam 59 menit penerbangan 45.000 Per Kg
8 Bagasi lebih, lebih dari 4 jam penerbangan 50.000 Per Kg

Cara Mengatasi Kelebihan Berat Bagasi

Kelebihan bagasi bisa jadi memusingkan anda, apalagi kalau barang dibawa penting semua, sementara isi kantong tidak mencukupi. Yang lebih parah lagi, anda tahuunya pas di bandara. Ini akan sangat merepotkan. Coba cara berikut untuk hindari kelebihan beban bagasi bawaan anda.Pertama, anda harus mencari informasi tarif bagasi maskapai penerbangan yang ingin dipakai.

Penentuan tarif bagasi adalah hak dan kebijakan dari masing-masing maskapai. Jika anda dihadapkan dengan maskapai yang menetapkan tarif bagasi tinggi, tidak ada pilihan lain, anda harus menerimanya. Setelah melakukan pengecekan tarif bagasi pesawat, cek berat barang bawaan anda. Ini mungkin sedikit merepotkan. Namun kami rasa anda perlu melakukannya jika tidak ingin dibebani oleh biaya bagasi.

Dengan menimbang berat bawaan, paling tidak anda tahu berapa kelebihannya dari kuota gratis yang disediakan oleh maskapai. Kalau hanya  kelebihan sedikit, misalnya 3 – 4 kg, biasanya tidak masalah. Apalagi kalau anda check in pada waktu awal, biasanya ada kelonggaran.

Namun jika lebih dari 15 kilo, sebaiknya periksa lagi koper anda. Barang yang tidak terlalu penting sebaiknya ditinggalkan saja dirumah. Jika anda membawa terlalu banyak pakaian, bawa beberapa setel saja. Di tempat tujuan nanti anda bisa memakai jasa laundry. Pakaian kotor bisa anda cuci dan dipakai kembali, jadi tidak usah membawa pakaian terlalu banyak.

Jangan konsentrasikan barang bawaan pada satu koper. Bawa juga tas lain yang bisa dilingkarkan di pinggang. Saat ini ada jas yang didesain dengan banyak kantong. Coba saja pakai itu dan masukkan beberapa barang bawaan ke dalamnya agar tidak dihitung sebagai beban tambahan.

Selanjutnya ada beberapa tips packing agar barang muat di koper. Dan saat ini banyak dijual kantong plastik hampa udara, atau Vaccum Bag yang bisa simpan banyak barang sehingga menghemat tempat. Dan mudah-mudahan juga mengurangi beban berat barang bawaan anda nanti.

Info Terkait :

No Responses

Leave a Reply