Realisasi Fasilitas Wi-Fi di Dalam Pesawat

Realisasi Fasilitas Wi-Fi di Dalam PesawatFasilitas kenyamanan di dalam pesawat memang bisa membuat setiap penumpang dan dimanjakan. Baru-baru ini muncul wacana baru untuk menambahkan fasilitas baru ke dalam pesawat komersil. Seperti kita tahu, selama ini larangan menghidupkan ponsel telah menjadi aturan di sejumlah maskapai penerbangan karena frekuensi yang dikeluarkan oleh alat elektronik bisa mengganggu navigasi pesawat.

Wacana baru ini justru berseberangan dengan aturan yang telah ada saat ini. Lalu apakah fasilitas baru ini sudah layak diaplikasikan terutama dari segi keamanan? Jawabannya adalah iya, karena FAA sendiri sudah merilis pernyataan bahwa pesawat penerbangan komersil bisa dilengkapi dengan fasilitas ini.

Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat mengungkapkan bahwa penumpang boleh menghidupkan berbagai perangkat elektronik di dalam pesawat, seperti laptop, mp3 player, bahkan ponsel sekalipun. Yang dilarang keras adalah merima dan melakukan panggilan di dalam pesawat serta berkirim SMS. Jadi, soal keamanan sebenarnya pihak FAA sangat mengutamakannya.

Terbukti bahwa meskipun fasilitas Wi-Fi diperkenankan, namun sistem telepon tetap tidak boleh dihidupkan di dalam pesawat. Ada pihak yang pro dengan usulan baru in, ada pula yang kontra. Yang kontra menganggap bahwa fasilitas baru ini tidak begitu penting. Selain itu awak kabin juga mendapatkan tugas baru untuk menjelaskan fasilitas ini kepada penumpang.

Belum lagi harga Wi-Fi pesawat yang berlipat-lipat lebih mahal daripada harga Wi-Fi pada umumnya. Meskipun banyak orang menyambut baik usulan pengadaan jaringan internet di dalam pesawat, namun implementasinya sama sekali tidak mudah. Penyebabnya adalah karena sistem ini pada dasarnya memakai transmisi dari satelit.

Dan yang lebih penting lagi adalah sinyal yang dipakai di dalam sistem ini harus benar-benar aman, dalam artian tidak menganggu navigasi pesawat dan komunikasi pilot. Untuk di Indonesia sendiri, sudah ada yang melengkapi pesawatnya dengan fasilitas ini. Hanya saja, harganya memang masih tergolong mahal jika dibandingkan dengan tarif Wi-Fi pada umumnya. Jika anda tidak ingin dibebani dengan tarif ini, pertimbangkan untuk membeli tiket kelas utama.

Info Terkait :

Leave a Reply