Tips Belanja Barang Bebas Pajak

tax free shoppingSaat berlibur memang identik dengan acara jalan-jalan dan belanja. Bagi Anda yang gemar belanja, harga murah dan bebas pajak sering kali menjadi daya pikat yang sulit untuk ditolak. Apalagi jika Anda belanja di luar negeri dan menjumpai barang bebas pajak. Bisa dipastikan hasrat untuk berbelanja semakin menggebu-gebu. Mumpung ada kesempatan, kenapa tidak dimanfaatkan?

 

Pajak memang salah satu komponen yang membuat harga suatu barang menjadi lebih mahal. Memang tidak semua barang dikenai pajak. Oleh karena itu Anda dituntut cermat untuk mengetahui barang apa saja yang benar-benar bebas pajak dan tempat mana saja yang menjual barang bebas pajak. Khususnya ketika Anda bepergian ke luar negeri. Dengan demikian Anda tidak mudah tergiur dengan promosi yang mengklaim barang bebas pajak.

 

Tips berikut ini bisa Anda praktikkan ketika Anda belanja barang bebas pajak:
(1) Lakukan survei terlebih dulu, khususnya terkait dengan tempat tujuan Anda bepergian dan pusat-pusat perbelanjaan yang ada di sana. Untuk mempermudah hal tersebut, Anda bisa menggali informasi yang  tersedia di internet. Jika Anda sudah menemukan pusat perbelanjaan yang menjual barang bebas pajak (misalnya duty free shop di bandara internasional), cek lagi harga yang ditawarkan.

Apakah masih mahal ataukah sudah di bawah harga standar? Jika ternyata masih mahal dibandingkan harga di tempat lain, Anda perlu berpikir ulang dan sebaiknya mencari alternatif tempat belanja lainnya. Sekedar gambaran, Anda bisa menyimak hasil survei dari Asia Travel berikut ini. Untuk jalur penerbangan Hong Kong-Bangkok, harga rokok Mild Seven di pesawat adalah senilai 12 dollar AS. Namun di Hong Kong International Airport (HKIA), rokok tersebut dijual seharga 14,8 dollar AS. Adapun di Bangkok International Airport (BIA) harganya menjadi 12,2 dollar AS.

(2) Ada sejumlah bandara internasional yang memang benar-benar menjual barang bebas pajak. Misalnya saja di bandara Changi Singapura. Duty free shop di sana menjual aneka barang yang harganya jauh lebih murah bila dibandingkan dengan toko-toko di luar bandara. Bahkan barang-barang yang dijual di sana mendapatkan garansi 30 hari uang kembali.

(3) Di Indonesia, sejumlah tempat yang memberikan fasilitas tax refund (pengembalian uang pajak) untuk turis asing hanya berlaku di beberapa tempat di Jakarta dan Bali. Untuk Jakarta ada di Pasar Raya Blok M, Sarinah, Metro Pondok Indah Mall, Metro Plaza Senayan, dan Terminal 2D bandara Soekarno-Hatta. Sedangkan di Bali antara lain di pusat perbelanjaan Batik Keris Discovery Shopping Mall, UC Silcer Batubulan Gianyar, dan Mayang Kuta Bali Square Blok A.

Belanja di toko dengan logo tax free memang menggiurkan. Namun jangan terbawa emosi dan aji mumpung. Cek dan ricek harga untuk liburan yang tetap menyenangkan dan ramah dengan isi dompet anda.

Info Terkait :

Leave a Reply