Etika Saat Naik Pesawat yang Perlu anda Tahu

Etika Saat Naik Pesawat yang Perlu anda TahuEtika Saat Naik Pesawat yang Perlu anda Tahu!
Etika erat kaitannya dengan norma kesopanan dan itu tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Bahkan saat ingin naik pesawat pun, ada aturan tidak tertulis yang sebaiknya diikuti. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Saat Boarding
Hampir semua penumpang membawa tas saat ingin bepergian menggunakan pesawat, tujuannya adalah untuk menyimpan semua kebutuhan. Saat masuk ke dalam pesawat, sebisa mungkin hindari bagasi pesawat di bagian atas. Jika bawaan tidak terlalu banyak, masukkan saja di bawah kursi. Mengapa? Memasukkan tas dan barang-barang ke bagasi atas memakan waktu lama. Jika ingin keluar lebih cepat dan nyaman saat landing, letakkan barang bawaan di dekat anda.

Jika pihak security bandara meminta identitas anda, berikan saja. Jika mereka menyuruh anda untuk melepaskan sepatu, lakukanlah. Lepaskan benda-benda berbahan logam yang menempel di dalam tubuh anda. Ini merupakan peraturan penting yang harus anda ingat. Saat berdiri di barisan, jangan ngobrol kecuali antriannya panjang dan anda berada jauh di belakang. Proses ini terbilang merepotkan, bahkan untuk yang sudah sering naik pesawat sekalipun. Bagaimanapun juga, ini merupakan bagian dari etika saat naik pesawat, jadi jangan mengeluh.

Saat di dalam pesawat
Yang paling penting saat di dalam pesawat adalah jangan menciptakan dan mencari keributan dengan orang lain. Semua penumpang memiliki hak yang sama karena masing-masing telah membeli tiket. Duduklah pada kursi anda. Kaki, tangan, barang bawaan harus berada di kursi sendiri, jangan sampai melewati tempat duduk orang lain. Matikan handphone karena sinyalnya bisa mengganggu navigasi pesawat. Kemudian sapa orang yang duduk di samping anda. Tidak ada salahnya bersikap ramah dengan sekedar mengucapkan “Hi” atau “Permisi”. Berbicara boleh dengan orang di sebelah anda, namun jangan terlalu keras, apalagi sampai mengganggu kenyamanan penumpang lain. Jika ingin mendengarkan musik atau bermain game, pakai headset.

Saat mendarat

Bersikaplah teratur dan keluar pesawat sesuai barisan. Jika anda duduk di belakang, maka sabarlah menunggu. Jika anda duduk di depan, segera ambil barang bawaan dan lekas turun. Jangan memenuhi lorong pesawat dan membuat orang menunggu. Jika menyimpan bawaan di bagasi atas, turunkan pelan-pelan agar tidak terjatuh dan menimpa orang lain. Jangan membuka tas atau koper sebelum keluar dari pesawat. Jika ada barang yang tertinggal, jangan melawan arus orang keluar. Biarkan semua keluar dulu, baru ambil barang tersebut. Dan jangan Nyalakan Telepon anda sebelum semua keluar pesawat.
Itu tadi beberapa etika penting saat naik pesawat.

Info Terkait :

No Responses

Leave a Reply