Tips Mendapatkan Kursi Terbaik di Pesawat

Tips Mendapatkan Kursi Terbaik di PesawatTempat duduk di pesawat mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu menjadi masalah. Toh perjalanan dengan pesawat tidak memakan waktu lama, apalagi hanya di dalam negeri yang bisa ditempuh dalam waktu beberapa jam saja.

Namun untuk perjalanan jauh, mendapatkan kursi pesawat terbaik sepertinya perlu anda prioritaskan. Yang pertama adalah terkait masalah kenyamanan. Duduk di samping jendela pesawat tentu berbeda rasanya dengan duduk di lorong.

Duduk di bulkhead juga memberikan kenyamanan lebih karena legroom-nya lebih besar. Selain itu masalah keamanan juga bisa anda pertimbangkan. Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan kursi terbaik di pesawat:

Pilih kursi saat booking. Ini adalah tahap paling utama. Ada beberapa maskapai penerbangan yang mengijinkan penumpang memilih kursi sendiri, sedangkan yang lainnya tidak. Jika maskapai anda memberikan fleksibilitas dalam hal ini, manfaatkan sebaik-baiknya untuk memilih kursi pesawat terbaik. Anda mungki akan dikenakan biaya ekstra untuk fasilitas ini. Namun jika kenyamanan adalah hal yang terpenting bagi anda, tidak ada salahnya untuk mengeluarkan sedikit biaya tambahan.

Hindari tempat duduk di tengah. Kursi bagian tengah sangat tidak nyaman untuk ditempati. Jika anda harus keluar dari tempat duduk, anda harus meminta ijin dulu dengan penumpang di sebelah anda. Belum lagi jika bagian kaki sangat sempit, mungkin penumpang lain harus berdiri dulu dari tempat duduknya.

Hal ini menjadi semakin rumit jika anda sering keluar sementara penumpang di samping anda senang tidur. Pesawat berukuran besar biasanya memiliki 3 kolom kursi di dalamnya. Kursi di bagian tengah umumnya sangat dihindari terkecuali jika mereka pergi dengan banyak orang. Kursi terbaik di pesawat adalah di kanan – kiri badan pesawat, atau di tepi lorong.

Pilih kursi di depan. Penumpang yang duduk di belakang biasanya lebih cepat saat boarding, namun lebih lambat saat turun dari pesawat. Hal ini menjadi penting jika anda harus melalui proses imigrasi. Penumpang yang duduk di baris kelima bisa saja keluar dari bandara 30 menit lebih cepat daripada penumpang yang duduk di baris ke 40.

Bayar kursi anda. Jika maskapai anda menawarkan fasilitas “kursi spesial”, mungkin ini adalah cara termudah untuk mendapatkan kursi terbaik di pesawat. Namun anda harus membayar biaya ekstra untuk mendapatkanya. Ada beberapa maskapai yang menyediakan kursi khusus dengan legroom (ruang kaki) yang lebih besar. Penamaan untuk kursi spesial ini berbeda-beda antara setiap maskapai.

Tarifnya sangat tergantung dari space yang disediakan dan lama perjalanan anda. Sebagai gambaran, untuk maskapai luar negeri biaya tambahan yang harus dikeluarkan adalah sebesar 10-200 USD untuk satu kali perjalanan.

Menjadi penumpang elite. Jika anda cukup sering bepergian dengan pesawat, anda bisa mendaftarkan diri pada program khusus yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan. Semakin sering anda bepergian dengan maskapai penerbangan tertentu, semakin cepat pula anda meraih status elite. Dengan status ini, anda tidak hanya bisa mendapatkan kursi terbaik di pesawat, namun juga mendapatkan perlakuan istimewa seperti dalam hal keamanan, boarding dan biaya bagasi.

Info Terkait :

No Responses

Leave a Reply