Manfaatkan Transit dengan Wisata Kota

transit di  bandaraAnda mau bepergian ke luar negeri ? ada baiknya simak tips berikut untuk dapatkan kesempatan bagus yang ada. Dimana saat transit di sebuah kota untuk menunggu penerbangan selanjutnya, anda bisa jalan-jalan ke luar bandara menuju ke kota. Perjalanan udara antar negara dan lintas benua biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga memerlukan pemberhentian sementara.  Ada pesawat yang perlu isi bahan bakar, maskapai ganti pesawat terbang atau cuma naik turunkan penumpang karena rute yang sibuk.

Saat Anda memesan tiket pesawat biasanya petugas akan  menyodorkan beberapa alternatif mengenai pilihan maskapai penerbangan, kombinasi maskapai serta lokasi transitnya.  Alokasi waktu untuk transit memang sangat bervariasi. Bisa 45 menit hingga seharian. Bahkan lokasi transit pun bisa sampai dua hingga tiga kali selama penerbangan. Tergantung lama perjalanan dan rute yang dipilih.

Waktu transit yang terlalu lama bisa jadi sangat membosankan bagi siapa saja (Tips : Hilangkan Rasa Bosan Saat Menunggu Pesawat). Namun waktu transit yang terlalu pendek pun juga bisa membuat Anda semakin capek. Karena harus cepat-cepat mengejar penerbangan berikutnya agar tidak ketinggalan.  Agar waktu transit Anda lebih menyenangkan, tips berikut ini bisa Anda lakukan:

Pertama, waktu transit yang relatif singkat (kurang dari satu jam).  Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mandi atau sekedar istirahat sejenak. Manfaatkan tempat di sudut-sudut bandara untuk melemaskan otot-otot yang tegang selama Anda duduk berjam-jam di pesawat. Jika Anda transit di bandara seperti Incheon (Soul), maka Anda bisa mendapatkan fasilitas khusus untuk istirahat. Yakni berupa kursi yang bisa direbahkan serta kursi pijat berbayar.

Selain itu Anda bisa menghabiskan waktu untuk membaca buku favorit yang Anda bawa. Bisa pula Anda jalan-jalan berkeliling seputar bandara. Jangan lupa memanfaatkan sambungan wi-fi gratis yang disediakan pihak bandara.

Kedua, waktu transit hingga berjam-jam. Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk mencari informasi dari pihak bandara. Bisa jadi mereka menyediakan fasilitas tur keliling bandara sebagaimana bandara di Frankfurt. Anda pun bisa memanfaat waktu tersebut untuk tidur. Ini jika pihak bandara menyediakan fasilitas untuk tidur sebagaimana di bandara Incheon (Soul) maupun Changi (Singapura).

Apabila waktu transit hingga 12 jam bahkan lebih, sebaiknya Anda mencari penginapan (hotel transit) yang boleh disewa hanya dalam hitungan jam atau semalam saja. Manfaatkan pula fasilitas transit tour yang disediakan di bandara-bandara tertentu semisal bandara Incheon. Di sana Anda bisa keluar bandara dan tur selama 1-7 jam. Untuk tempat transit di Hong Kong, Singapura, Istanbul, Bangkok, dan Kuala Lumpur, Anda bisa keluar bandara tanpa harus menggunakan visa tempat tersebut. Atau harus pakai visa tapi bisa on arrival, jadi saat itu juga di counter imigrasi waktu mau keluar bandara.

Jika anda naik Turkish Airlines, kesempatan untuk bisa jalan-jalan gratis di kota Instanbul bisa terlaksana. Untuk waktu singgah 6 sampai 12 jam anda bisa ikut tur kota yang disediakan maskapai Turki ini. Jadi Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk berwisata kota. Yang terpenting Anda tidak lupa waktu dan mengingat dengan pasti berapa lama jadwal transit Anda.

Pada beberapa maskapai, Seperti Emirate, setiap penumpang  yang lebih dari 6 jam transit berhak mendapatkan kupon makanan (Meal Voucher). Ini bisa didapatkan pada counter resmi perwakilan maskapai di Bandara. Voucher ini bisa ditukar dengan sejumlah makanan pada restoran yang telah bekerja sama dengan maskapai tersebut.

Dimanapun anda akan transit pastikan manfaatkan dengan sebaik-baiknya, karena kalau niat terbang langsung ke suatu kota akan makan waktu dan biaya lagi. Dengan transit bisa dikatan sekali mendayung dua tiga pulau terlampui.

Info Terkait :

No Responses

Leave a Reply