Persiapan Cara Mudik Aman dan Nyaman

Persiapan Cara Mudik Aman dan Nyaman

Macet di jalan tol

Mau mudik lebaran ke kampung halaman ? tips berikut bisa anda terapkan untuk liburan nyaman dan aman. Utamanya persiapan harus anda lakukan dengan baik. Melalui rencana matang, mudik idul fitri akan lancar dan menyenangkan. Cara terbaik bisa anda rundingkan dengan keluarga. tapi beberapa hal berikut bisa bantu anda melakukan persiapan mudik 2017 . Sehingga perjalanan naik mobil,motor bisa aman. anda yang naik pesawat bisa nyaman sampai tujuan.

Mudik Lebaran

Bulan puasa tanpa terasa akan segera berlalu. Seiring dengan hal itu, lebaran–sebagai hari istimewa yang dinantikan–akan segera tiba. Lebaran memang menjadi sarana menyambung silahturahmi di antara keluarga besar. Oleh karena itu momen ini selalu dimanfaatkan sebagian besar umat muslim yang tinggal di kota besar untuk mudik ke kampung halamannya.

Jika kampung halaman Anda jaraknya bisa ditempuh dalam hitungan beberapa jam, pasti persiapan mudik yang dibutuhkan tidaklah serumit mereka yang letak kampung halamannya cukup jauh. Perjalanan harus menelan waktu hingga seharian atau bahkan berhari-hari. Oleh karena itu jika perjalanan mudik Anda menghabiskan waktu lama, pastikan Anda telah menyiapkan segala sesuatunya dengan cermat. Apalagi ketika Anda mudik bersama seluruh anggota keluarga. Rasa aman dan nyaman selama menempuh perjalanan panjang tersebut tentu menjadi prioritas utama yang harus diwujudkan.

Persiapan Mudik Aman dan Nyaman

Tips berikut ini bisa Anda praktikkan agar perjalanan mudik Anda bersama keluarga menjadi aman dan terasa nyaman:

  • Mendaftar seluruh barang bawaan yang diperlukan. Sebaiknya Anda membawa bawang bawaan yang seperlunya saja. Hal ini untuk menghindari kelebihan muatan yang pada akhirnya akan merepotkan Anda sendiri. Terlebih jika anda naik pesawat, tarif kelebihan bagasi juga cukup mahal. Jadi piliha dan sortir dengan seksama.
  • Jangan lupa mengecek kondisi kendaraan jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Jangan ragu untuk membawanya ke bengkel sehingga kendaraan bisa dipastikan aman digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Siapkan pula suku cadang kendaraan dan sejumlah peralatan yang mungkin diperlukan selama perjalanan. Misalnya ban cadangan, dongkrak, obeng, busi, sekring, tali rem, tali kopling dll.
  • Sediakan Kotak P3K. Minimal pastikan Anda membawa obat anti mabuk, obat sakit kepala, minyak angin, obat luka, obat sakit maag; Anda yang sedang minum obat karena sakit, periksa obat dan jadwal makan. Jangan sampai lewat waktu minum obat. Karena akan membuat sakit lebih parah.
  • Jangan lupa membawa peta sehingga Anda mudah mendapatkan berbagai info yang dibutuhkan selama perjalanan. Misalnya letak pom bensin, mushola atau masjid, rumah makan, posko lebaran, bengkel, dll. Walau sekarang di era digital, tapi peta kertas sangat tetap bisa membantu. Apalagi suasana idul fitri dan banyak fasilitas baru. Biasanya ini bisa didapatkan pada pos polisi terdekat.
  • Lengkapi kendaraan dengan sarana hiburan semisal DVD player, MP3 player, buku bacaan, dan sejenisnya;
  • Bawa mainan jika pulang bersama anak kecil. Karena anak akan cepat merasa bosan. Kalau sudah bosan anak akan rewel dan menggangu perjalanan anda. Jadi siapkan mainan kesayangan untuk bekal salama di perjalanan.
  • Persiapkan kondisi tubuh sebaik mungkin dan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Pastikan Anda tidak mengantuk jika harus menyetir sendiri. Dan yang tidak kalah penting patuhi rambu-rambu lalu lintas selama di perjalanan. Sebelum berangkat pastikan tidur yang cukup. Jangan begadang sampai malam hanya demi persiapan mudik.
  • Membawa bekal makanan dan minuman yang diperlukan. Lengkapi pula dengan kantong plastik untuk tempat sampah sementara;
  • Jangan lupa membawa alat komunikasi semisal handphone. Pastikan membawa baterai cadangan atau charger dan pulsa cukup tersedia. Powerbank juga sangat bermanfaat.
  • Lengkapi dengan navigasi GPS. Bisa beli alat terpisah, atau manfaatkan sarana smartphone anda. Google Map bisa jadi teman terbaik anda diperjalanan untuk selamat sampai tujuan.
  • Kendalikan emosi. Berkendara di jalan atau naik pesawat dengan ratusan orang akan bertemu berbagai tipe karakter manusia dengan segala tingkah-lakunya. Simpan energi dan waktu anda untuk kegiatan lebih berharga. Jaga emosi, jangan terpancing dengan tingkah laku orang yang tidak mengenakan. Boleh menegur tapi jangan sampai bertengkar, karena ini akan berakibat ketidaknyamanan selama perjalanan.
  • rest area

    manfaatkan Rest Area untuk beristirahat

    Jangan lupa istirahat. Ini sepertinya terlihat sepele. Karena anda sudah sangat ingin bertemu keluarga, jadi terus saja berkendara. Tapi ini akan berakibat rasa lelah yang berat. Rasa lelah juga akan sebabkan cepat emosi. Ingat, emosi dan berkendara bukang pasangan serasi. Jadi usahakan tiap 2-3 jam berhenti. Paling tidak 15 menit, luruskan badan, regangkan otot-otot. Hirup udara segara. Ditambah minum akan mengembalikan stamina anda dengan segara. Manfaatkan rest area yang ada di sepanjang jalan.

Demikian beberapa tips dalam persiapan mudik aman dan nyaman. Jika anda lakukan cara-cara diatas, kemungkinan besar perjalanan akan lebih menyenangkan bersama keluarga. Persiapan yang matang adalah kunci utama. gunakan waktu beberapa hari untuk lakukan ini. Mudik adalah acara besar tahunan dengan jutaan orang di jalan sehingga membutuhkan persiapan lebih. Butuh waktu dan tenaga tidak sedikit.

Info Terkait :

Leave a Reply