Menikmati Eksotisme Pulau Moyo di NTB

pulau moyoMenikmati eksotisme sebuah pulau merupakan pengalaman yang menyenangkan. Indonesia memiliki banyak sekali pulau, beberapa diantaranya bahkan memiliki panorama yang sangat indah. Pulau Moyo yang terletak di Nusa Tenggara Barat adalah salah satunya. Sebagai destinasi wisata di Indonesia, tahukah anda jika pulau Moyo sudah terkenal hingga ke mancanegara? Bayangkan saja, tokoh dunia sekelas Lady Diana dan musisi sekaliber Mick Jagger pernah datang ke tempat ini.

Pulau Moyo terletak di bagian utara Pulau Sumbawa. Jika anda sedang merencanakan liburan ke tempat yang menenangkan, maka Pulau Moyo adalah pilihan yang tepat.

Pulau Moyo masih sangat alami, hal ini bisa anda lihat dari banyaknya hewan liar yang tinggal disini. Pulau yang memiliki luas sekitar 30 ribu hektar ini merupakan rumah bagi beberapa populasi babi, rusa, dan burung. Ada sekitar 86 spesies burung yang tinggal di sekitar Pulau ini. Ternyata diantara semua spesies burung yang terdapat disini, beberapa termasuk kategori langka. Beberapa diantaranya adalah kakatua berkepala kuning dan burung Gosong. Baru kali ini mendengar burung Gosong? Coba saja datang ke Objek wisata Pulau Moyo untuk melihatnya secara langsung. Burung ini memiliki keunikan yaitu memakai ranting untuk menghasilkan panas untuk mengerami telurnya.

Objek wisata Pulau Moyo masih sangat asri dan alami, oleh sebab itu anda sebaiknya menyusuri pulau ini bersama guide atau orang yang sudah sering keluar masuk pulau ini. Jika tidak, anda bisa saja tersesat di dalam hutan. Namun menurut pengalaman, jika ada orang yang tersesat ia selalu bisa menemukan jalan keluar. Konon katanya penunggu (makhluk halus) hutan ini tidak suka mengganggu pengunjung sehingga tidak ada kisah menyeramkan yang tersiar tentang pulau ini.

Ada banyak pemandangan menarik yang bisa anda lihat di areal hutan yang masih perawan ini, misalnya saja air terjun atau gua. Selain masuk ke dalam Pulau dan menyusuri keindahannya, anda juga bisa melakukan aktivitas di sekitar pantai, misalnya berenang atau menyelam. Pulau Moyo bukanlah Raja Ampat yang memiliki ratusan spesies koral, namun struktur karang di tempat ini cukup menarik untuk dilihat. Spesies hewan laut yang mendiami pulau ini juga cukup beragam, diantaranya adalah belut, ikan hiu, dan pari manta.

Untuk datang ke Objek wisata Pulau Moyo tidaklah susah, dari Bali hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 60 menit. Anda bisa berangkat ke Pulau Moyo dari Ai Bari, waktu tempuhnya kurang lebih 15 menit. Anda bisa menyeberang dengan kapal boat atau kapal ketinting. Tidak akan pernah habis jika kita membicarakan tentang Pulau Moyo. Jika datang kesini, jangan lupa untuk berkunjung ke Gua Ai Manis. Ini adalah salah satu tempat favorit wisatawan.

Untuk sampai kesini, anda harus memanjat tebing sedikit. Di dalam gua ini terdapat banyak sekali kelelawar. Objek wisata Pulau Moyo mungkin belum sepopuler pulau lain seperti Pulau Bali atau Lombok.  Namun ternyata ada banyak kapal pesiar yang singgah di tempat ini. Ini secara tidak langsung merupakan salah satu bentuk promosi yang bisa semakin mempopulerkan keberadaan pulau ini.

Nah, itu tadi sedikit info wisata ke Pulau Moyo. Selamat berlibur!

Info Terkait :

Leave a Reply