Air Terjun Sipiso Piso, Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Air Terjun Sipiso Piso, Air Terjun Tertinggi di IndonesiaKekayaan alam Indonesia sangat beragam, beberapa bahkan menjadi tempat wisata favorit baik bagi turis lokal maupun mancanegara. Di Tanah Air kita bisa dengan mudah menemukan berbagai objek wisata pantai yang indah dan eksotis, seperti Taman Laut Bunaken, Karimun Jawa, Raja Ampat, dan masih banyak lagi. Namun sebenarnya tidak hanya pantainya saja yang indah, Indonesia juga memiliki banyak air terjun yang menakjubkan.

Kembali ke Sumatera Utara, selain memiliki objek wisata Danau Toba yang indah ternyata disini juga ada air terjun yang sangat indah bernama Air terjun Sipiso Piso. Air terjun ini terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Untuk sampai ke tempat ini, anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 45 menit dari Kota Medan. Jika anda berangkat dari Brastagi, maka turuti saja jalan utama hingga sampai ke Parapat.

Setelah sampai di Kota Kabanje, anda akan melihat sebuah petunjuk jalan menuju air terjun. Dari sana, belok kiri dan teruskan perjalanan menuju Danau Toba. Setelah sampai disini anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Sipiso Piso atau singgah dulu di Danau Toba.

Air terjun Sipiso Piso berada di ketinggian 800 m dari permukaan laut. Vegetasi di sekitar tempat ini hampir sama dengan vegetasi di kawasan Danau Toba, yakni didominasi oleh tumbuhan pinus. Ada satu fakta menarik tentang Air terjun Sipiso Piso yang mungkin belum anda tahu. Ternyata ini adalah air terjun tertinggi di Indonesia, yaitu sekitar 120 meter.< Penamaan air terjun ini berkaitan erat dengan ketinggiannya. Dengan tinggi 120 meter, Air terjun Sipiso Piso mengucurkan air yang sangat deras sehingga sampai di tanah butiran airnya sangat tajam-tajam seperti bilah / pisau. Inilah asal mula nama Air terjun Sipiso Piso, “Piso” dalam bahasa setempat memiliki arti pisau.

Pemandangan di sekitar tempat ini sangat indah dan hijau. Dengan pemandangan yang demikian eksotis, dijamin anda tidak akan kelelahan saat menyusuri jalan setapak menuju Air terjun. Belum lagi udaranya yang sangat sejuk karena berada di ketinggian.

Anda akan melihat jurang di sisi jalan setapak. Namun jangan takut, perhatian anda akan dialihkan oleh derasnya kucuran air dari atas Air Terjun Sipiso Piso. Karena cukup tinggi, butiran air yang sampai di dasar air terjun sangat besar-besar. Anda bisa menikmati pemandangan air terjun dari kejahuan atau dari dekat. Jika anda ingin melihatnya dari dekat, anda bisa turun ke dasar air terjun. Namun harap berhati-hati karea kondisi jalannya cukup terjal dan berliku-liku.

Jadi sebelum turun ke bawah, sebaiknya anda mempersiapkan stamina terlebih dahulu. Di sekitar tempat itu ada sebuah pos pemantauan. Anda bisa beristirahat disini sejenak sembari melihat keindahan Air Terjun Sipiso Piso dari jauh. Tempat wisata ini biasanya ramai pada akhir pekan. Jika anda ingin menghindari keramaian, anda sebaiknya menghindari berkunjung di hari itu.

Sekian informasi wisata ke Air Terjun Sipiso Piso. Silakan berkunjung bersama keluarga anda.

Info Terkait :

Leave a Reply