Indahnya Danau 3 Warna Kelimutu

dananu kelimutuIndahnya Danau 3 Warna Kelimutu – Danau Kelimutu memang sangat indah. Jika anda mendengar kata Danau Kelimutu, mungkin yang terbayang di pikiran anda adalah danau warna-warna yang indah. Iya, Danau Kelimutu memang terkenal dengan warna airnya yang menakjubkan, yaitu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Di dunia, fenomena danau seperti ini sangat langka.

Objek wisata Danau Kelimutu terletak di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Pulau Flores, Kecamatan Kelimutu. Untuk sampai ke tempat ini tidaklah susah, dari kota Ende anda hanya perlu naik pesawat dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Dari sini perjalanan dilanjutkan menuju Desa Kaonara yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam. Setelah sampai di Kaonara, anda hanya perlu mendaki menuju puncak Gunung Kelimutu dan melihat keindahan kawahnya.

 Danau lain yang memiliki keunikan serupa terdapat di Australia Selatan, dimana danau tersebut bisa berubah warna menjadi biru atau abu-abu. Di Jepang juga ada danau seperti ini, namanya adalah Danau Yudamari. Danau tersebut bisa berubah warna menjadi hijau toska. Benar-benar beruntung memiliki tempat yang eksotis dan langka seperti ini di tanah air.

Oleh sebab itu, para pecinta trekking dan wisata alam, jangan lupa berkunjung kesini. Dibandingkan dengan Danau yang terdapat di Australia dan Jepang, Danau Kelimutu memiliki keunikan tersendiri, yaitu warna airnya tidak bisa diprediksi. Iya, tidak satupun yang bisa memastikan warna-warna apa saja yang akan dimunculkan oleh danau ini setiap pergantian musim.

Namun dari sisi pengetahuan, perubahan warna air di Danau Kelimutu dipengaruhi oleh kandungan mineral dan bebatuan yang terdapat di dalamnya.

Objek wisata Danau Kelimutu mampu menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang kesana. Menyaksikan secara langsung perubahan warna di danau ini merupakan pengalaman yang tidak tergantikan. Selama ini Danau Kelimutu sudah pernah berubah warna menjadi putih, biru, dan merah. Gunung kelimutu memiliki 3 kawah, dan karakteristik warna pada setiap kawah berbeda-beda.

Kawah pertama bisa berubah warna dari merah menjadi hijau tua atau merah hati. Danau kedua bisa berubah warna menjadi hijau tua atau hijau muda. Sedangkan danau ketiga bisa berubah warna menjadi cokelat atau biru langit.

Jika ilmuwan melihat perubahan warna ini dari kacamatan sains, masyarakat setempat lebih percaya dengan hal-hal yang sifatnya mistik. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, air danau yang berwarna biru merupakan tempat berkumpulnya roh-roh pemuda yang telah meninggal. Air berwarna merah merupakan tempat berkumpulnya roh-roh jahat (roh orang yang selama hidupnya sering melakukan kejahatan, perbuatan culas, dan ketidakbaikan lainnya). sedangkan warna putih dipercaya merupakan tempat berkumpulnya roh-roh leluhur atau orang yang sudah tua.

Danau kelimutu memiliki kedalaman sekitar 150 meter diukur dari puncak Gunung Kelimutu. Setiap Danau dipisahkan oleh dinding yang cukup rapuh. Objek wisata Danau Kelimutu adalah alternatif wisata yang sangat menarik. Berlibur ke tempat ini tidak memerlukan persiapan khusus karena fasilitas disini sudah cukup lengkap, bahkan penginapan juga sudah banyak tersedia disini. Harga penginapan cukup terjangkau, mulai dari Rp. 150.000,- per malam.

Nah, itu adalah sedikit info wisata ke Objek wisata Danau Kelimutu.

Info Terkait :

Leave a Reply