Cara Menghadapi Ketakutan Naik Pesawat

Cara Menghadapi Ketakutan Naik PesawatBanyak orang memiliki ketakutan berlebihan terhadap naik pesawat. Bahkan beberapa ada yang rela melakukan perjalanan darat meskipun menempuh waktu berjam-jam. Ketakuan terhadap pesawat terjadi pada cukup banyak orang. Rasa kecemasan tersebut bisa dipicu oleh berbagai faktor, namun yang paling sering adalah mereka merasa takut pesawat akan mengalami kecelakaan karena jika itu terjadi, tidak ada yang bisa dilakukan selain pasrah.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa mengurangi rasa ketakutan anda. Pertama, ketahuilah bahwa penerbangan dengan pesawat relatif aman. Angka kecelakaan pesawat sangatlah kecil dibandingkan dengan kecelakaan mobil atau motor. Itu karena usaha transportasi udara merupakan satu investasi besar. Yang mana menyangkut berbagai pihak terkait. Mulai dari Perusahaan pembuat pesawat, bidang perawatan, badan pengawasan keamanan penerbangan hingga maskapai penerbangan sendiri.

Pihak maskapai berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan penumpang selamat sampai di tujuan. Jika sebuah maskapai mengalami kecelakaan pesawat berturut-turut dalam waktu berdekatan, masyarakat akan mencap buruk dan maskapai tersebut bisa kehilangan penumpang secara drastis.

Tips kedua, meskipun semua maskapai memperhatikan sistem keamanan dengan ketat, namun ada beberapa yang menerapkan sistem keamanan ekstra. Cari tahu maskapai apa saja yang bonafide di Indonesia. Jika harga tiket untuk maskapai tersebut relatif lebih mahal dari yang lainnya, itu merupakan nilai yang harus anda bayar karena mendapatkan pengamanan ekstra.

Selanjutnya alihkan perhatian anda dari rasa cemas. Rasa cemas memang tidak bisa serta merta hilang apalagi anda sudah akan masuk ke dalam pesawat. Daripada memikirkan hal itu, ada baiknya alihkan perhatian anda dengan membaca buku, mendengarkan musik, mengobrol dengan teman di samping, atau hal lain yang bisa sedikit meredakan kecemasan.

Pemilihan kursi juga bisa mempengaruhi kondisi kecemasan. Jika anda takut dengan ketinggian, kursi di samping jendela mungkin tidak tepat bagi anda. Dengan duduk di baris tengah, anda tidak perlu melihat pemandangan di bawah pesawat. Jika level kecemasan anda sudah sangat berlebihan, segera konsultasikan dengan dokter. Kecemasan merupakan bagian dari masalah psikis.

Jangan khawatir untuk berkonsultasi dengan dokter karena takut terbang adalah masalah banyak orang. Anda mungkin akan diresepkan obat anti cemas untuk memberikan efek nyaman saat kecemasan tersebut tiba-tiba muncul. Nah, itu tadi beberapa tips untuk menghadapi ketakutan naik pesawat. Semoga bisa membantu anda lebih rileks dan siap menjalani penerbangan anda.

Info Terkait :

Leave a Reply