Wisata Bandung

Berlibur ke Bandung serasa mendapat paket lengkap berwisata. Posisi geografisnya yang berada di dataran tinggi membuat Bandung memiliki banyak wisata alam yang indah dan sejuk. Juga banyak dijumpai  kebun teh. Kuliner Bandung yang terkenal enak dan banyak ragamnya juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan ke ibukota provinsi Jawa Barat ini.

Selain itu, maraknya bisnis Factory Outlet sejak beberapa tahun belakangan turut andil dalam menguatkan posisi Bandung sebagai surganya belanja. Tak heran, setiap akhir pekan kota Bandung selalu penuh dengan pelancong yang ingin berlibur.

 

Cobalah ke daerah Bandung bagian selatan yang banyak terdapat wisata alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah Kawah Putih yang terletak di kecamatan Pasir Jambu. Kawah putih adalah danau kawah dari gunung Patuha yang memiliki kadar keasaman belerang yang cukup tinggi. Uniknya, kawah di sini yang secara umum berwarna putih dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang.

 

Pemandangan yang disuguhkan Kawah Putih sangat menawan, banyak pengunjung yang sengaja datang kesini untuk foto pre-wedding. Tiket masuk ke Kawah Putih Rp. 25.000/ orang. Jika anda menggunakan mobil pribadi, Anda akan dikenakan biaya Rp. 150.000/ mobil. Bagi yang menggunakan kendaraan umum, pengelola kawasan ini menyediakan angkutan umum yang akan mengantar pengunjung dari pintu masuk menuju kawah dengan tarif Rp. 10.000/ orang PP.

 

Tak jauh dari Kawah Putih, anda bisa langsung mengunjungi Situ Patengan, sebuah kawasan danau alam yang sangat indah dan sejuk . Situ Patengan terletak di kawasan pegunungan Ranca Bali dengan kebun teh di sepanjang jalan menuju danau. Disini Anda dapat menyewa perahu mengelilingi danau menuju Batu Cinta sambil menikmati pemandangan yang asri. Tarif sewa perahu bisa Anda tawar, biasanya berkisar antara Rp. 10.000 – Rp. 15.000/ orang.

 

Sebaiknya Anda mengunjungi Kawah Putih dan Situ Patengan di pagi hari, karena biasanya menjelang sore di kedua tempat ini akan turun kabut yang cukup tebal yang membuat jarak pandang menjadi pendek.

 

Bagian utara Bandung juga memiliki banyak objek wisata menarik. Cobalah datang ke Gunung Tangkuban Perahu yang terletak sekitar 47 km dari kota Bandung. Dari kejauhan gunung ini tampak seperti perahu terbalik. Kisah Sangkuriang yang melegenda menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

 

Dari sini Anda dapat singgah sejenak ke pemandian air panas Ciater yang hanya berjarak 8 km dari Tangkuban Perahu. Sumber mata air di Ciater dipercaya mengandung iodium dan belerang yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Manjakan diri Anda dengan berendam di kolam pemandian air panas ini yang akan membuat badan serta pikiran Anda menjadi segar dan rileks.

 

Ingin mengunjungi tempat lain yang unik? Datang saja ke Saung Angklung Mang Udjo yang terletak di Jalan Padasuka, Bandung. Saung Mang Udjo merupakan sanggar seni yang menampilakan pertunjukkan musik angklung yang dikemas dengan modern.

 

Uniknya, pertunjukkan musik angklung ini dimainkan oleh anak – anak. Tak hanya pertunjukkan musik, anda juga dapat menyaksikan pertunjukkan kesenian khas Jawa Barat lainnya seperti wayang golek dan tari – tarian daerah.

 

Pertunjukkan seni di tempat ini hanya berlangsung selama 2 jam dimulai pukul 15.00 WIB dengan tarif masuk Rp. 50.000. Selain menyaksikan pertunjukkan, Anda juga dapat membeli angklung dan beberapa alat musik tradisional yang terbuat dari bambu lainnya sebagai oleh – oleh.

 

Di tempat ini. Anda juga dapat menikmati minuman khas Bandung seperti bajigur atau bandrek. Sangat nikmat menikmati minuman hangat khas Bandung di tengah cuaca yang sejuk sambil menikmati alunan musik angklung. Tahukah Anda, Saung Angklung Mang Udjo ternyata sudah berkali – kali pentas di luar negeri. Hebat ya !

 

Sudah tak sabar ingin berbelanja? Datang saja ke Factory Outlet (FO) yang banyak tersebar di kota Bandung. FO merupakan gerai atau toko pakaian yang menjual pakaian berkualitas eksport produksi dalam negeri. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, model yang tersedia juga sangat up to date sehingga FO sering menjadi tempat tujuan utama belanja fashion. Tak hanya pakaian saja, di tempat ini Anda juga dapat membeli tas, sepatu, maupun aksesoris untuk anak – anak hingga dewasa. Telusurilah sepanjang daerah Dago maupun Cihampelas. Di kawasan ini, Anda dapat dengan mudah menemukan FO yang banyak berjejer di sepanjang tepian jalan.

 

Puas jalan – jalan menikmati alam Bandung sekaligus puas berbelanja di FO, kini saatnya Anda menjelajahi kuliner Bandung. Kota dengan julukan Paris Van Java ini memiliki sejumlah kuliner khas yang terkenal hingga ke berbagai daerah diluar Bandung. Berbagai makanan, jajanan serta minuman khas Bandung patut Anda coba. Sebut saja batagor, mie kocok, baso tahu, surabi, bandrek, bajigur, hingga oleh – oleh khas seperti brownies dan pisang bolen.

 

Semua kuliner tersebut dapat Anda temui di mal – mal, pusat oleh – oleh maupun kaki lima yang ada di Bandung. Bila ingin mencari oleh – oleh, datang saja ke jalan Buah Batu atau daerah depan stasiun Bandung. Di sana terdapat beberapa gerai oleh – oleh khas Bandung yang dapat Anda pilih.

Info Terkait :

Leave a Reply