Merpati Terbang Lagi dari Halim

merpati-airlinesKabar gembira bagi para pemakai jasa penerbangan, khususnya daerah jawa tengah, karena akan dibukanya kembali rute Jakarta-Cilacap. rute klasik yang jadi jembatan masyarakat Jawa Tengah bagian barat dan Jawa barat bagian timur

PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) berencana melayani  penerbangannya di Bandara Halim Perdanakusuma. Bandara di timur kota Jakarta tersebut akan digunakan untuk operasi pesawat-pesawat MA-60.

Direktur Niaga Merpati, Tony Aulia Achmad, mengatakan, rencana penerbangan tersebut telah dimatangkan dan segera dilaksanakan setelah kedatangan empat unit MA-60 tambahan yang direncanakan hadir di Indonesia pada Mei nanti.

Bila empat armada itu datang Mei nanti, Merpati genap memiliki 15 pesawat MA-60. Saat ini maskapai pelat merah ini telah mengoperasikan sembilan pesawat plus dua lagi yang saat ini sedang dipersiapkan untuk beroperasi. “Rencana Merpati menggunakan (bandara) Halim secepatnya, targetnya sebelum peak season liburan pertengahan tahun ini,” kata Tony saat dihubungi di Jakarta, Selasa (19/4/2011).

Rute-rute yang akan dilalui Merpati dengan MA-60 yang bermuatan 50 penumpang  dengan basis di Halim Perdanakusuma tersebut, antara lain, Jakarta-Tanjungkarang (Lampung), Jakarta-Bandung-Semarang, dan Jakarta-Cilacap.

Sementara untuk basis pesawat jet seperti Boeing 737 series, Merpati tetap memusatkannya di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Untuk kepentingan itu, jelasnya, Merpati akan merangkul sejumlah pemerintah daerah, seperti Bupati Cilacap untuk memberikan kemudahan Merpati dalam memberikan layanan penerbangan. Rencananya, penerbangan akan dilakukan secara berjadwal.

Sementara untuk perizinannya, Merpati sedang mengusulkan izin penggunaan gedung dan bandara kepada pengelola bandara, yaitu PT Angkasa Pura II dan izin terbang ke Kementerian Perhubungan

 

sumber kompas

FacebookTwitterGoogle+Share

Info Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>