Bandara Halim Dibuka Untuk Komersial

bandara soekarno-hattaMelihat padatnya bandara Soekarno-Hatta dari hari ke hari, pemerintah sepertinya tidak bisa lagi menunda dibukanya alternatif bandara komersil baru. Halim Perdana Kusuma sebagai bandar terdeka wilayah Jakarta akan sangat bisa membantu memecahkan padatnya jalur penerbangan Indonesia.

Wacana menjadikan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, sebagai penyangga Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, yang sudah sangat padat segera direalisasikan.

 

Bila tidak ada aral melintang, pada bulan Januari 2014 mendatang, Bandara Halim akan resmi dibuka untuk penerbangan komersial.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan dibukanya Bandara Halim untuk penerbangan komersial merupakan solusi mengatasi padatnya penerbangan di Bandara Soetta di Tangerang.

Meskipun saat ini, pemerintah terus mengembangkan Teriminal 3 Bandara Soetta yang juga ditargetkan selesai pada tahun depan, Bandara Halim tetap dibutuhkan sebagai penyangga.

“Nantinya, pemerintah akan memindahkan penerbangan tujuan tertentu ke Bandara Halim Perdanakusuma. Jadi kemungkinan Bandara Halim akan dibuka untuk pesawat komersial pada awal Januari 2014 mendatang,” tutur Mangindaan, Senin (18/11).

Dengan dibukanya penerbangan komersial di Bandara Halim, maka kesibukan penerbangan di Bandara Soetta diharapkan bisa berkurang.

Bila Halim dibuka untuk komersial, maka jumlah penerbangan komersial pada tahap awal akan mencakup tiga penerbangan per jam. Namun diharapkan jumlah penerbangan itu dapat terus bertambah hingga mencapai lima atau enam penerbangan pesawat reguler setiap jamnya.

Saat ini sudah ada sejulah maspakai penerbangan yang tertarik dan mengakukan membuka rute penerbangan dari Halim. Maskapai tersebut antara lain, Garuda Indonesia, Citilink, Mandala, Batik Air, Lion Air, dan Air Asia.

 

Info Terkait :

Leave a Reply