Cari Tiket Pesawat Murah Disini
voucher-hotel tiket pesawat promo

Hang Nadim Batam

bandara hang nadiim batamBatam merupakan kota terbesar di Kepulauan Riau yang perkembangannya sangat pesat. Letak kota Batam sangat strategis karena berada pada jalur pelayaran internasional serta sangat dekat dengan Singapura dan Malaysia.

Pada masa penjajahan, kota Batam menjadi ajang pertempuran untuk mengusir penjajah di bawah komando Laksamana Hang Nadim.

Kepahlawanan Laksamana Hang Nadim kemudian diabadikan menjadi nama bandar udara di Batam, yakni Bandara Internasional Hang Nadim (BTH).

Bandara ini mulai beroperasi sejak tanggal 9 Agustus 1965 namun pada waktu itu hanya melayani rute penerbangan domestik saja.

Untuk rute penerbangan internasional baru dibuka pada tanggal 1 Januari 1994. Jumlah penerbangan yang mampu dilayani pada waktu itu sejumlah 250 kali penerbangan setiap minggunya.

Pembangunan Bandara Hang Nadim ditujukan untuk meningkatkan efektifitas jalur transportasi yang menghubungkan Kepulauan Riau dengan pulau-pulau di sekitarnya, khususnya Singapura. Selama ini jalur transportasi tersebut menggunakan kapal feri. Semakin lama keberadaan kapal feri dinilai kurang efektif sehingga keberadaan sarana transportasi udara menjadi keniscayaan karena dinilai mampu lebih mempersingkat jarak tempuh.

Keberadaan Bandara Hang Nadim diharapkan bisa menjadi alternatif penerbangan selain Bandara Changi Singapura. Apalagi Bandara Hang Nadim memiliki landasan pacu yang panjang. Bahkan termasuk 10 bandara di Indonesia yang memiliki landasan pacu terpanjang. Dengan kapasitas tersebut, Bandara Hang Nadim mampu menampung pesawat jenis Boeing 747.

Adapun maskapai yang melayani rute penerbangan melewati Bandara Hang Nadim antara lain Batavia Air (Bandar Lampung, Jakarta/Soekarno-Hatta, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Surabaya, Yogyakarta), Firefly (Kuala Lumpur, Subang), Garuda Indonesia (Jakarta/Soekarno-Hatta), Citilink (Jakarta/Soekarno-Hatta, Surabaya), Kartika Airlines (Jakarta/Soekarno-Hatta, Jambi, Medan, Padang, Palembang, Pangkal Pinang), Lion Air (Jakarta/Soekarno-Hatta, Medan, Pekanbaru, Surabaya), Merpati Nusantara Airlines (Bandung), Sriwijaya Air (Jakarta/Soekarno-Hatta, Jambi, Medan, Surabaya, Padang, Penang), Trigana Air Service (Natuna, Surabaya).

Sejumlah fasilitas yang tersedia di Bandara Hang Nadim antara lain ATM, wartel, mini markte, restoran, kafe, bank, shopping arcade, waving arcade, kantor pos, money changer, dan bank. Jika Anda hendak menuju ke Bandara Hang Nadim, sarana transportasi publik yang bisa Anda gunakan adalah taksi dan bus DAMRI. Informasi lebih lanjut mengenai Bandara Hang Nadim bisa Anda dapatkan di line telepon 0778-761507.

 

Info Terkait :

13 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *