Wisata Candi Borobudur

candi borobudurCandi Borobudur merupakan tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika sedang berada di Yogyakarta. Loh kok Yogyakarta? Iya, meskipun lokasi Candi peninggalan Buddha ini berada di wilayah Jawa Tengah, atau lebih tepatnya di desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, namun, letaknya lebih dekat dengan kota Yogyakarta,

sehingga banyak biro wisata di Yogyakarta yang menjadikan Borobudur sebagai tujuan wisata mereka. Bahkan, beberapa orang ada yang menganggap Borobudur ada di Yogyakarta.
 

Jika Anda ingin berwisata sendiri atau bersama keluarga, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, ambillah arah menuju Magelang dari Yogyakarta. Kendaraan umum (minibus) menuju Borobudur juga tak kalah banyak. Dari terminal Giwangan atau terminal Jombor, naiklah minibus jurusan Yogyakarta – Borobudur dengan tarif sekitar Rp. 10.000,- sekali jalan. Jarak yang dekat antara kota Yogyakarta – Borobudur, sekitar 45 km, sehingga Anda hanya perlu berkendaraan selama kurang lebih 1 jam untuk menuju Borobudur.

 

Banyak alasan mengapa Candi Borobudur menjadi tempat tujuan wisata yang wajib Anda kunjungi. Candi Borobudur di bangun pada masa kejayaan pemerintahan Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra sekitar tahun 800 Masehi. Menurut beberapa sumber, Candi Borobudur telah dibangun ratusan tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan katedral – katedral agung yang ada di Eropa. Maka tak heran kalau bangunan megah ini masuk dalam kategori World Wonder Heritages oleh UNESCO.

 

baca selengkapnya

Info Terkait :

Leave a Reply