Sam Ratulangi Manado

bandara sam ratulangi manadoKota  Manado terletak di Teluk Manado dan merupakan ibu kota Propinsi Sulawesi Utara. Kota ini sangat terkenal dengan terumbu karangnya yang terhampar indah di Taman Laut Bunaken. Tidak mengherankan jika Taman Laut Bunaken akhirnya dinobatkan menjadi salah satu taman laut terindah di dunia karena hamparan karangnya yang sangat luas dan begitu eksotik.

Satu-satunya bandar udara internasional yang ada di kota ini adalah Bandar Udara Sam Ratulangi (MDC) yang terletak di Kecamatan Mapanget,  berjarak kurang lebih 13 km dari pusat kota Manado.

Bandara ini merupakan bandara termegah di kawasan Indonesia Timur dan menjadi pintu masuk menuju sejumlah kawasan wisata terkenal di Indonesia Timur. Keberadaan Bandara Sam Ratulangi dinilai sangat strategis karena letaknya tepat berada di bibir Asia Pasifik.

Bandara Sam Ratulangi pada awalnya bernama Mapanget, yakni sesuai dengan nama letak bandara yang memang berada di Kecamatan Mapanget. Sam Ratulangi sendiri diambilkan dari nama Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi yang merupakan pahlawan nasional dari Manado. Pada tahun 2001 Bandara Sam Ratulangi mengalami renovasi sehingga memiliki landasan pacu yang bisa digunakan untuk pendaratan pesawat berbadan lebar semisal Boeing 777-200 maupun Airbus A330.

Ada tiga terminal yang terdapat di bandara ini, yakni terminal keberangkatan dan kedatangan domestik, terminal keberangkatan dan kedatangan internasional, serta terminal lain-lain untuk tempat check in, waiting lounge, dll. Terminal tersebut juga dilengkapi  dengan sejumlah fasilitas berstandar internasional dan memiliki empat buah garbarata. Walhasil, Bandara Sam Ratulangi akhirnya bisa menjadi bandara terbaik ketiga di Indonesia.

Sejumlah maskapai penerbangan domestik yang beroperasi di Bandara Sam Ratulangi di antaranya adalah Batavia Air, Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Merpati Nusantara Airlines, Sriwijaya Air, Kartika Airlines, Airfast Indonesia. Sedangkan maskpai internasional yakni Silk Air (Singapura) dan British Airways (Inggris). Untuk menuju ke Bandara Sam Ratulangi Anda bisa menggunakan sarana transportasi publik berupa taksi dan angkutan kota. Informasi penerbangan di Bandara Sam Ratulangi bisa Anda dapatkan di nomor telepon 0431-814320.

Info Terkait :

2 Comments

  1. Anonim 30 September , 2011 Reply
  2. Anonim 26 November , 2011 Reply

Leave a Reply