Abadikan Perjalanan Anda

abadikan liburan andaJika Anda sedang melakukan sebuah perjalanan, entah perjalanan dinas, liburan, maupun wisata, jangan lupa untuk merekam hal-hal istimewa yang terjadi. Bisa berupa momen spesial, tempat-tempat yang berkesan, atau apa saja yang unik untuk diabadikan. Bila kebetulan Anda memang pecinta fotografi, pastilah sudah terbiasa melakukan itu semua.

Mengabadikan perjalanan ke dalam bentuk foto maupun video, sebenarnya bukan sekedar dokumentasi untuk kenang-kenangan belaka. Jika Anda mau sedikit berimprovisasi, dokumentasi perjalanan sebenarnya bisa menjadi sebuah reportase berharga atau semacam film dokumenter. Tentu untuk mewujudkan hal tersebut butuh sedikit keahlian. Meskipun begitu bukan berarti hanya bisa dilakukan oleh seorang fotografer profesional. Siapa saja mampu melakukannya dengan tips-tips berikut ini:

(1) Menguasai kamera. Anda tidak harus memiliki kamera canggih. Kamera apapun jadi. Yang penting Anda mengetahui seluk beluk kamera tersebut dan mampu mengoperasikan setiap fiturnya dengan optimal. Pastikan kelengkapan kamera sudah terpasang dengan benar. Antara lain baterai, charger, dan roll film jika Anda menggunakan kamera manual. Begitu pula jika Anda menggunakan handycam. Pastikan Anda familiar mengoperasikan dan menyiapkan segala kelengkapannya.

(2) Melakukan riset sederhana. Sebelum mengambil gambar, amati dulu momen-momen spesial yang menarik untuk diabadikan. Ada baiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan sebelumnya untuk mengetahui tempat-tempat mana saja yang menarik untuk didokumentasikan.

(3) Catatlah informasi penting maupun kesan Anda mengenai momen yang hendak Anda abadikan.
(4) Mengetahui waktu mengambil gambar yang tepat. Untuk landscape biasanya pagi hari antara jam 05.00 – 08.00 sedangkan sore hari berkisar antara jam 15.00 – 18.00. Jika Anda mengambil gambar pada waktu siang hari, pastikan langit dalam kondisi sedikit berawan dan berwarna biru.

(5) Ambil gambar secara berurutan. Abadikan momen demi momen dengan detil. Dengan cara tersebut, setiap gambar yang telah terdokumentasi akan membentuk sebuah narasi yang mengesankan. Anda seperti melihat gambar hidup yang mampu bercerita sendiri. Begitu pula jika Anda merekamnya dengan handycam. Perhatikan secara detil setiap momen yang Anda rekam. Tambahkan pula komentar dan informasi dalam setiap momen yang Anda shoot. Yakni semacam reportase sederhana.
Dengan tips tersebut, perjalanan Anda akan semakin berkesan dan lebih bermakna.

Info Terkait :

Leave a Reply