Riau Airlines

Riau Airlines berdiri pada tanggal 12 Maret 2002 namun baru menjalankan operasinya pada bulan Desember 2002. Maskapai ini melayani penerbangan komersil dan merupakan satu-satunya maskapai yang dimiliki oleh pemerintah daerah yang berkantor pusat di luar Jakarta. Pemegang saham maskapai Riau Airlines adalah pemerintah daerah Propinsi Riau serta sejumlah propinsi lainnya seperti Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung.

Pada awalnya, Riau Airlines beroperasi untuk menghubungkan bandara perintis di sejumlah kota yang terdapat di propinsi Riau. Seiring perkembangannya, Riau Airlines kini telah menjangkau sejumlah rute penerbangan domestik di tanah air. Yakni semua kota besar di pulau Sumatera serta beberapa kota di Kalimantan, NTT, dan Bali. Bahkan maskapai ini juga sudah membuka rute penerbangan internasional ke Malaysia.

Sayangnya, krisis finansial sempat mengguncang internal maskapai ini sehingga membuat Riau Airlines akhirnya menghentikan operasinya pada tahun 2008. Namun Riau Airlines bisa bangkit dan kembali beroperasi pada bulan Januari 2011 dengan mengambil rute penerbangan dengan kota tujuan Pekanbaru – Tanjung Pinang – Natuna. Sedangkan untuk rute penerbangan domestik dengan kota tujuan Batam dan Medan rencananya juga akan dibuka kembali. Begitu pula dengan negara tujuan Malaysia.

Hingga kini Riau Airlines baru mengoperasikan satu unit pesawat saja, yakni jenis  Boeing 737-500 berkapasitas 124 kursi yang disewa seharga 96 ribu Dollar AS dari PT. Aero Nusantara Indonesia (ANI). Rencananya, maskapai ini akan menambah lagi satu unit pesawat jenis Boeing 737-300. Bahkan hingga akhir tahun 2011, Riau Airlines secara bertahap ditargetkan akan mengoperasikan 10 unit pesawat. Kebijakan tersebut seiring dengan diberlakukannya Undang–Undang No. 1 Tahun 2009 tentang penerbangan. Dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa setiap maskapai penerbangan berjadwal harus mengoperasikan 10 unit pesawat, dimana lima diantaranya berstatus milik maskapai itu sendiri sedangkan sisanya bisa pesawat sewaan. Saat ini maskapai yang memiliki kode penerbangan RIU tersebut telah menyewa tiga unit pesawat jenis Fokker dan satu unit pesawat jenis Boeing 737-500.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai maskapai tersebut bisa mengakses websitenya di http://www.riau-airlines.com/ atau datang langsung ke kantor pusat PT. Riau Airlines di Jl. Jendral Sudirman 438 Pekanbaru Riau, telepon 0761-855333.

FacebookTwitterGoogle+Share

Yang ini juga menarik :

  • No Related Posts

One Response to Riau Airlines

  1. Anonymous mengatakan:

    ada g’ penerbangan tujuan pku-ckg

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>