Tips Wisata Ke Bromo yang Perlu Anda Perhatikan

Gunung Bromo yang merupakan sebuah gunung terindah di Jawa Timur dengan ketinggian sekitar 2392 meter diatas permukaan laut. Ini memang merupakan sebuah gunung api aktif yang dikelilingi bersama hamparan pasir yang luasnya mencapai sekitar 10 km2. Sementara disini Anda akan temukan hawa yang sangat dingin karena suhunya mencapai hanya 2 derajad celcius saja. Bisa Anda bayangkan bukan seberapa dingin suhu yang akan merasuk ke kulit Anda ketika berwisata di Gunung Bromo?

Nah, buat Anda yang memang akan melakukan pendakian di Gunung Bromo, akan ada beberapa aktivitas wisata ke Bromo yang Anda perlu perhatikan. Seperti apa beberapa tips wisata ke Bromo yang Anda perlu perhatikan? Langsung saja yuk kita simak informasi lengkap dan menariknya berikut ini. Check these out

Tips Wisata Ke Bromo

Coba pilih waktu yang tepat

Kalau Anda akan melakukan liburan di Bromo, ada baiknya waktu terbaik untuk wisata di Bromo perlu Anda ketahui. Ada baiknya kalau Anda ingin berwisata di Bromo adalah disaat musim kemarau yaitu di sekitar bulan Mei sampai dengan bulan Oktober.

Mengapa musim kemarau yang sangat baik? Hal ini karena di musim kemarau Anda akan dapat menyaksikan mentari yang terbit dengan lebih besar dan lebih bulat kemerahan. Kemudian di musim kemarau Anda juga akan lebih bisa merasa nyaman dan aman dalam perjalanan yang Anda terapkan.

Lakukan persiapan fisik

Memang sih berwisata mendaki di Gunung Bromo tak akan seperti berwisata dan mendaki Gunung Rinjani. Gunung Semeru atau yang lainnya. Akan tetapi tetap saja persiapan fisik perlu dilakukan karena nantinya Anda harus trekking di padang pasir luas dan naik turun di anak tangga yang jumlahnya kurang lebih sekitar 250 anak tangga.

Tiket Pesawat ke Bromo

Mau naik pesawat menuju lokasi ? Bromo merupakan sebuah gunung jadi tidak ada bandaranya. Namun jangan berkecil hati, karena tiket pesawat ke Bromo bisa di beli untuk tujuan bandara terdekat, Yaitu Kota Malang.  Jadi jika anda mau naik pesawat, carilah tiket pesawat ke Malang. Dari sana anda teruskan perjalanan lewat darat.

Usahakan rombongan jika menggunakan motor

Perjalanan yang akan sangat menyenangkan jika dilakukan bersama teman. Apalagi kalau punya hobi yang sama yaitu mendaki dan bersepeda. Dengan berombongan, walau naik sepeda juga akan aman karena jika kemungkinan terjadi macet pada salah satu kendaraan maka yang lain masih bisa membantu mengingat jalannya berkelok dan sangat sepi.

Siapkan pakaian dan perlengkapan

Udara yang dingin berada di Bromo memang menjadi tantangan yang harus Anda hadapi karena suhu udaranya yang mencapai sekitar 10 derajad celcius. Selain Anda dapat menerapkan fisik yang fit, pakaian dan juga perlengkapan Anda juga harus disiapkan dengan baik. Anda perlu bawah pakaian hangat, celana panjang untuk mendaki, pakaian kaos, syal, topi, jacket jangan lupa, dan pakaian yang dapat dirangkap supaya menghangatkan dan beban tas tidak terlalu berat.

Jaket tebal sangat direkomendasikan yang dapat menahan udara dingin dan bukan sekedar jaket fashion saja. Kemudian Anda bawa beberapa kaos lengan panjang yang dapat dikenakan sebelum Anda mengenakan jaket. Untuk celana panjang ini Anda bisa kenakan celana pendaki gunung. Dengan celana ini Anda tentu akan jauh merasa lebih nyaman. Kemudian jangan lupa bawa syal untuk menutupi leher Anda, kemudian kenakan kupluk atau topi yang menghangatkan kepala dan juga kenakan sarung tangan. Dengan begini Anda akan merasa sangat nyaman dan hangat di waktu mendaki di Bromo.

Mau mendaki di Gunung Bromo? Coba saja dan jalankan tips diatas. Semoga informasi diatas tentang Tips Wisata Ke Bromo bermanfaat.

Info Terkait :

Leave a Reply