Tahukan Anda Aturan Kompensasi Penumpang Saat Pesawat Delay ?

cancelAnda harus menunggu karena pesawat delay ? seberapa sering itu terjadi ?. Salah satu hal yang sangat mengganggu adalah penundaan penerbangan atau delay. Dari jam yang telah tertera di tiket pesawat yang dibeli, diajukan menjadi beberapa menit, hingga jam kemudian baru terbang. Bahkan ada yang sampai dihari berikutnya. Ini tentu suatu yang sangat tidak nyaman selama perjalanan naik pesawat.

Penyebab dari delay ini bermacam-macam. Baik dari segi kesalahan maskapai, pihak bandara atau malah dari penumpang sendiri. Ada juga namanya gangguan yang tidak bisa dihindari. Seperti bencana alam. seperti gempa bumi, kebakaran hutan atau letusan gunung berapi. Seperti baru-baru ini pada Gunung Raung di Jawa timur.

Simak tips : Saat pesawat delay

Tapi tahukah anda akan hak yang harus didapatkan bila terjadi penundaan keberangkatan pesawat terbang ? Berikut adalah aturan yang jelas tertera untuk melindungi konsumen dari kerugian yang diakibatkan delay pesawat.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 25 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara dan Peraturan Menteri Perhubungan No 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara, penumpang berhak mendapatkan kompensasi dari maskapai bila penerbangan mereka terlambat melakukan take off alias delay.

lalu apa saja kompensasi yang seharusnya anda diterima sebagai penumpang bila penerbangan mengalami keterlambatan dari jadwal yang seharusnya?

Berdasarkan Pasal 36 Permenhub 25/2008:
a. keterlambatan lebih dari 30 menit sampai dengan 90 menit, perusahaan angkutan udara niaga berjadwal wajib memberikan minuman dan makanan ringan

b. keterlambatan lebih dari 90 menit sampai dengan 180 menit, perusahaan angkutan udara niaga berjadwal wajib memberikan minuman, makanan ringan, makan siang atau malam dan memindahkan penumpang ke penerbangan berikutnya atau ke perusahaan angkutan udara niaga berjadwal lainnya, apabila diminta oleh penumpang

c. keterlambatan lebih dari 180 menit, perusahaan angkutan udara niaga berjadwal wajib memberikan minuman, makanan ringan, makan slang atau malam dan apabila penumpang tersebut tidak dapat dipindahkan ke penerbangan berikutnya atau ke perusahaan angkutan udara niaga berjadwal lainnya, maka kepada penumpang tersebut wajib diberikan fasilitas akomodasi untuk dapat diangkut pada penerbangan hari berikutnya.

Sementara dalam Pasal 10 Permenhub 77/2011 diatur sebagai berikut:
a. keterlambatan lebih dari 4  jam diberikan ganti rugi sebesar Rp 300.000 per penumpang

b. diberikan ganti kerugian sebesar 50 persen dari ketentuan huruf a apabila pengangkut menawarkan tempat tujuan lain yang terdekat dengan tujuan penerbangan akhir penumpang (re-routing), dan pengangkut wajib menyediakan tiket penerbangan lanjutan atau menyediakan transportasi lain sampai ke tempat tujuan apabila tidak ada moda transportasi selain angkutan udara

c. dalam hal dialihkan kepada penerbangan berikutnya atau penerbangan milik Badan Usaha Niaga Berjadwal lain, penumpang dibebaskan dari biaya tambahan, termasuk peningkatan kelas pelayanan (up grading class) atau apabila terjadi penurunan kelas atau sub kelas pelayanan, maka terhadap penumpang wajib diberikan sisa uang kelebihan dari tiket yang dibeli.

 

Jadi sekarang anda tahu apa yg harus dilakukan bila ada delay. Perhatikan baik-baik dan minta hak anda bila pihak yang berkepentingan tidak memberikannya. Komunikasikan juga dengan penumpang yang lain tentang hak-hak penumpang pesawat terbang ini. Karena bila melakukan bersama anda akan lebih mudah mengatasinya. Tapi ingat, lakukan dengan bijak, tenang dan tanpa emosi.

Bila terjadi delay perasaan kesal, capai dan marah cepat terjadi. Namun begitu usahakan anda tetap kalm, otak dingin dan sampaikan dengan sopan apa yang menjadi hak anda. Dengan ini diharapkan semua berjalan dengan normal sesuai harapan.

Info Terkait :

Leave a Reply