Cara Membatalkan Tiket Pesawat Yang Harus Anda Ketahui

Jika anda  sering melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang, bisa jadi pernah mengalami satu kejadian dimana anda harus membatalkan perjalanan secara mendadak. Lalu apa yang anda lakukan? Bagaimana cara membatalkan tiket pesawat yang sudah terlanjur anda beli, sementara perjalanan benar-benar harus di batalkan karena adanya suatu hal mendesak yang tak bisa anda tinggalkan. Ini merupakan salah satu hal yang seharusnya di ketahui oleh semua orang. Khususnya para pengguna layanan transportasi pesawat mengingat pembatalan perjalanan karena alasan darurat adalah hal yang sangat wajar terjadi.

Jika anda mengalaminya, berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai cara membatalkan tiket pesawat yang sudah anda beli, di antaranya :

  • Menghubungi Agen Perjalanan

Bila beli tiket pesawat di Agen perjalanan, kemungkinan anda bisa minta bantuan mereka. Walau pembatalan tiket hubungannya langsung dengan maskapai, tapi pada beberapa kasus, cukup menghubungi agen dimana anda beli tiket. Mereka akan selesai masalah untuk anda.

  • Menghubungi maskapai penerbangan

Secepatnya anda hubungi pihak maskapai penerbangan di mana anda telah memesan tiket pesawat jika anda mengetahui bahwa perjalanan anda harus di batalkan. Dalam pembatalan tiket ada dua pilihan yaitu refund atau reschedule. Refund adalah layanan pengembalian uang pembayaran tiket yang mungkin akan di kembalikan namun tidak 100 % dan biasanya akan membutuhkan waktu yang lumayan panjang. Sedangkan reschedule adalah penjadwalan ulang, bahwa jadwal penerbangan anda akan di jadwal ulang sesuai dengan permintaan anda.

  • Menentukan jadwal baru

Jika anda memutuskan untuk melakukan penjadwalan ulang, maka sebaiknya sebelum anda menghubungi pihak maskapai penerbangan anda telah menentukan jadwal baru yang tepat sehingga tidak terjadi pembatalan tiket pesawat kembali.

  • Membayar biaya administrasi

Setelah anda meminta pihak maskapai penerbangan untuk melakukan pembatalan tiket pesawat yang anda pesan, anda di haruskan membayar biaya administrasi untuk layanan ini sesuai dengan kebijakan dari masing-masing maskapai penerbangan. Berapa biayanya tergantung aturan, tapi biasanya tidak mahal.

Meski hampir kebanyakan maskapai penerbangan memberikan layanan cara membatalkan tiket pesawat, namun ternyata tak semua maskapai penerbangan menerima pembatalan tiket pesawat yang diminta. Maka jika anda mengalaminya, tiket yang anda miliki akan hangus atau tak bisa dipakai. Jadi sebelum anda memilih akan menggunakan maskapai penerbangan, sebaiknya anda dengan jeli memilih maskapai penerbangan yang memberikan layanan yang maksimal pada penumpangnya.

Pembatalan penerbangan juga bisa di lakukan karena faktor penundaan dari pihak maskapai penerbangan itu sendiri. Jika hal itu terjadi, anda biasanya akan di hubungi lewat telepon untuk memberitahukan perihal perjalanan anda yang tertunda. Maka dari itu sangat penting untuk mengisi data diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi saat beli tiket.

Anda akan diberi pilihan akan meminta kembali tiket anda untuk kemudian berpindah maskapai penerbangan yang lain atau memilih untuk melakukan penjadwalan ulang. Jika pembatalan terjadi dari pihak maskapai penerbangan, uang pembelian tiket akan di kembalikan 100% karena kesalahan bukan dari pihak penumpang. Demikian beberapa cara membatalkan tiket pesawat yang bisa kita sampaikan untuk anda. Semoga bermanfaat.

Info Terkait :

Leave a Reply