Bepergian Sendiri? Ikuti Beberapa Tips Berikut Ini!

bepergian seorang diriAda orang yang suka bepergian seorang diri, atau pula yang suka beramai-ramai. Jika anda bepergian seorang diri, maka semua kerepotan harus anda tanggung sendiri. Misalnya anda tersesat di jalan, anda harus mencari bantuan sendiri. Atau anda tiba-tiba sakit, anda harus ke dokter sendiri. Walaupun terkadang merepotkan, namun hal ini tidak menyurutkan niat sebagian orang untuk bepergian seorang diri. Berikut adalah tips penting yang bisa anda ikuti jika ingin bepergian sendiri:

Cari informasi tentang tempat yang akan anda kunjungi

Silakan anda pelajari baik-baik bagaimana daerah yang akan anda kunjungi. Periksa apakah mudah menemukan penginapan disana, rumah makan, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya. Selain itu anda juga harus tahu bagaimana kondisi keamanan di daerah tersebut. Beberapa tempat di dunia memiliki tingkat kriminalitas yang cukup tinggi, oleh sebab itu anda harus waspada kemanapun anda pergi. Semakin detil anda mempelajari tempat yang akan anda kunjungi, semakin mudah pula mencari bantuan jika anda mengalami sesuatu.

Tetap terhubung dengan teman dan keluarga

Jangan putus kontak dengan teman atau keluarga saat anda bepergian sendiri. Jika terjadi apa-apa, anda bisa meminta saran atau bantuan kepada mereka. Setidaknya saran akan mampu membuat anda lebih tenang. Jika anda menulis jadwal liburan pada sebuah kertas, berikan kopian jadwal tersebut kepada keluarga anda. Jadi ketika anda mengalami masalah, mereka bisa cepat menghubungi anda atau bahkan datang langsung jika jaraknya tidak terlalu jauh.

Periksa Taksi anda

Banyak kasus kriminal terjadi di dalam taksi, oleh sebab itu anda harus lebih berhati-hati. Saat anda bepergian sendirian, pakailah taksi yang berasal dari perusahaan resmi. Taksi yang tidak resmi bisa dikendarai oleh siapa saja dan tidak ada yang bisa menjamin keselamatan anda saat menumpang taksi tersebut. Catat nomer perusahaan taksi karena anda bisa meminta bantuan jika tersesat di dalam perjalanan.

Tampil percaya diri

Orang yang terlihat percaya diri biasanya lebih segan untuk diganggu oleh para kriminal. Percaya diri tidak berarti anda harus berjalan mengusungkan dada atau berpenampilan seperti rocker. Namun perlihatkan perilaku yang santai dan tegas. Jangan memperlihatkan wajah panik atau takut di dalam kondisi apapun, misalnya saat anda tersesat di jalan. Ekspresi takut menunjukkan kelemahan anda sehingga para kriminal semakin berani untuk beraksi.

Berada di keramaian

Ada banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat liburan. Anda sebaiknya berkunjung ke tempat-tempat yang ramai pengunjung. Keramaian akan membuat anda aman dan mengurangi kesempatan penjahat untuk beraksi. Kalaupun penjahat berani melakukan aksinya di keramaian, semua orang tidak akan tinggal diam. Jika anda ingin berkunjung ke tempat yang sepi, datanglah pada pagi hari agar anda lebih mudah meminta bantuan jika terjadi sesuatu.

Catat alamat dan nomor telepon hotel

Insiden yang sering terjadi saat bepergian sendiri adalah tersesat di jalan. Jika tersesat, cara paling mudah untuk kembali ke hotel adalah dengan menelepon hotel atau menunjukkan alamat hotel kepada orang-orang yang anda jumpai di perjalanan. Pasti ada saja penduduk lokal yang tahu tempat anda menginap.

Nah, itu adalah beberapa tips aman bepergian sendiri. Semoga bermanfaat.

Info Terkait :

Leave a Reply