Tiket Pesawat Ke Purwokerto

Tiket Pesawat Susi Air

Pesawat perintis siap terbang ke Purwokerto

Sedang mencari tiket pesawat ke Purwokerto dalam waktu dekat ini ?. Atau cari nama bandara di Purwokerto? Terbang ke Kota Satria ini jadi salah satu pilihan berwisata. Kenapa ? ini tidak terlepas dari pesona Kota Purwokerto yang begitu menggoda. Disamping letaknya yang strategis pas ditengah-tengah pulau Jawa. Lokasi juga sejuk dan nyaman dengan Baturraden di sebelah utara karena terletak di kaki Gunung Slamet. Sehingga naik pesawat dengan tiket murah menjadi pilihan utama. Lalu dimana bandara dekat kota Purwokerto berada ?

Bandara di Purwokerto

Sebagai ibu kota warga Banyumas Raya, Purwokerto banyak diminati para pelancong bisnis maupun wisatawan domestik. Beragam tempat hiburan, pusat perbelanjaan hingga  hotel bermunculan. Oleh karena itu orang akan mengira tidaklah sesuatu yang berlebihan jika Purwokerto punya sebuah bandar udara. Karena dengan adanya bandara itu bepergian naik pesawat kesana, menjadi lebih ekonomis, murah, cepat dan mudah.

bandara-di-purwokerto

Bandara terdekat di Purwokerto

Melihat realita yang ada, para pelancong ini tentu akan disuguhi kekecewaan. Karena sampai detik ini tidak ada lapangan udara di wilayah Purwokerto. Bandara terdekat dengan penerbangan komersil adalah Airport Tunggulwulung di Cilacap. Dengan lama perjalanan Cilacap -Purwokerto sekitar 1,5 jam. Sementara bandara terdekat yaitu Wirasaba terletak di kota sebelahnya, Purbalingga. Dengan jarak sekitar 25 km, bandara ini lebih memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi bandara komersil. Jadi tidak ada maskapai penerbangan yang bisa dinaiki.

Kendalanya adalah, lapangan ini dipakai sebagai markas militer, dan landasan pacu yang ada juga masih pendek, sekitar 850 M. Jadi tidak memungkinkan untuk menjadi landasan pesawat terbang komersial berbadan lebar.

Tiket Pesawat Murah Ke Purwokerto

Kota Purwokerto

salah satu sudut taman kota Purwokerto

Namun begitu, wacana untuk mengembangkan bandara Wisaraba di Purbalingga menjadi bandara komersil dengan diterbangi pesawat murah semakin semarak. Dari Gubernur Jawa Tengah yang berencana hingga Menteri  Johan yang umbar janji manis bergula-gula.

Lanud Wirasaba ingin dijadikan bandara komersial untuk jadwal penerbangan Purwokerto – Jakarta ! Dengan begitu tiket pesawat murah bisa didapatkan untuk masyarakat Purwokerto dan sekitarnya.

Harga tiket pesawat ideal Jakarta ke Purwokerto ialah Rp.700.000 sebagaimana tarif tiket pesawat Halim ke Cilacap juga tidak jauh dari itu. Memang sekilas tergolong tidak murah. Namun biasa kalau penerbangan perintis dengan pesawat kecil harga tiket tidak bisa ditekan. Lain dengan pesawat berbadan besar dan berjenis maskapai berbiaya rendah, harga tiket murah sejumlah Rp.300.000 mudah ditemukan dan dibeli.

bandara-wisaba-purbalingga

rencanca bandara Wirasaba Purbalingga menjadi bandara Purwokerto

Jadi rencananya bandara akan diperpanjang landasan pacunya sampai 1400, dibangun terminal penumpang yang megah dan jalan menuju lokasi juga diperlebar, dirawat dan diperbaiki. Jika semua lancar maka diharapkan adakan ada penerbangan perdana pada awal tahun depan, yaitu tahun 2017,  2018. sebelum mudik lebaran.

Saat ini kendala terbesar adalah masalah pembebasan lahan. Menurut perkembangan terakhir juli 2017 saat mudik lebaran 1438 H belum ada pembangunan dimulai. Jadi harus bersabar. kemungkinan tahun depan, dan selesai pas tahun 2019

Nama Bandara di Purwokerto

Walau belum ada bandara resmi di Purwokerto, namun orang telah ramai mengusulkan nama yang cocok. Nama yang bagus,keren dan layak dijual pada tingkat internasional. Contoh penamaan itu seperti

  • Purwokerto Airport,supaya terlihat keren dan go internasional
  • Bandara Jendral Soedirman, karena beliau lahir di Purbalingga. Panglima besar yang punya patung di Purwokerto.
  • Bandara Soewarno, beliau adalah Komanda Lanud pertama Wirasaba.
  • Bandara Wirasaba. Tetap seperti sekarang ini karena Wirasaba adalah seorang Bupati pada jaman Kerajaan Pajang dulu yang berjasa pada daerah Banyumas Raya.

Jadi bagi anda penikmat wisata Purwokerto dan untuk warga setempat, semoga rencana ini berjalan mulus tanpa goresan. Sehingga orang yang cari lokasi bandara terdekat atau tiket pesawat ke Purwokerto nanti akan disuguhi kenyataan yang manis : Ternyata bukan isapan jempol belaka ; ada penerbangan Jakarta – Purwokerto yang siap layani dengan pesawat Garuda. Atau kemungkinan besar adalah maskapai perintis Susi Air yang akan layani rute penerbangan bandara Halim – Wirasaba, seperti yang terjadi di Cilacap dan Pangandaran.

 

Info Terkait :

Leave a Reply