Kursi Naik Pesawat Sama dengan di Kereta Api ? Jadinya Duduk Terbalik

kursi-pesawat-terbang-lipatDuduk membelakangi pesawat bersama-sama dengan teman dan saudara saat naik pesawat ? Atau merasa kikuk karena harus berhadapan dengan penumpang yang tidak dikenal ?. Ide ini mungkin agak sedikit edan. Tapi percayalah ada satu perusahaan yang saat ini tengah sibuk membuat konsep yang tidak biasa ini. Menurut perusahaan spesialis interior pesawat Zodiac Aerospace, ini adalah cara yang praktis untuk mengangkut lebih  banyak penumpang. Sampai sejumlah 30% dari tempat duduk yang biasa berjejer satu arah.

Dalam konsep ini tidak ada kenyamanan yang dikorbankan. Menurut Zodiac lagi, karena kursi yang tipis dan saling berbalik mengakibatkan ruang menjadi semakin lega. Namun begitu hal ini baru akan diterapkan pada penerbangan jarak pendek. Dan pesawat terbang yang disiapkan adalah Airbus A320 atau Boeing 737.

Pada prinsipnya semuanya sudah berhasil dipresentasikan menjadi suatu tontonan yang menarik. Seperti terlihat pada video mereka. Projek yang diberi nama HD31 ini sudah dikabarkan tahun lalu. Namun tahun ini mereka bekerja lebih jauh guna mematangkan segalanya. HD31 adalah singkatan dari High Density at 31-inch Spacing. Ruang yang tersisa pada kursi-kursi ini akan meningkat sejumlah 15% dari model kursi biasa. Jadi lebih longgar dan bisa lebih leluasa untuk kaki-kaki anda.

Untuk mempercepat proses boarding, maka kursi-kursi ini bisa dilipat. Kursi pesawat akan dipasang memakai sistem konfigurasi 3-4. Dari deretan memanjang akan ada 7 tempat duduk dibandingkan dengan sekarang yang cuma 6 orang. Sehingga dalam setiap pesawat akan ada 30 deretan kursi dengan 30 ekstra tempat duduk.

kursi-pesawat-terbang-lipat2

Sejauh ini belum ada maskapai yang memesan konfigurasi kursi aneh ini. Mungkin disebabkan karena produknya yang belum diluncurkan secara resmi. Tren sekarang yang berkembang, bahwa maskapai penerbangan tarif rendah akan terus mencoba menempatkan sebanyak mungkin penumpang dalam setiap penerbangan guna menaikan pendapatan. Sementara itu penumpang tidak ingin kehilangan kenyamanan dalam penerbangan seperti sempitnya ruang gerak kaki-kaki. Inilah celah yang coba dimasuki Zodiac Aeropspace.

Terutama dengan membuang toilet, lemari dan ruang penyekat akan membuat pesawat terbang jadi lebih lega. Konsep ini akan diterapkan pada sejumlah armada pesawat seperti Airbus A320 dan Boeing 737. Adapun dari segi teknik juga terus dikembangkan. Seperti bahan kursi yang semakin kuat dan ringan, bahan semakin tipis. Ini tentu akan menghemat ruang dan dengan sendirinya kursi akan jadi lebih banyak. Kursi banyak sebanding lurus dengan pendapatan bertambah.

Bagaimana anda tertari naik pesawat terbang seperti naik kereta api ?

 

Info Terkait :

Leave a Reply