Kini Anda Bisa Refund Tiket Pesawat dengan Mudah

refund-tiket-pesawatMau cari tahu cara refund tiket pesawat yang telah dibeli ? Tiket pesawat kini bisa dibatalkan dengan mudah berkat aturan baru dari pemerintah. Tentu suatu kabar gembira karena selama ini diakui membatalkan tiket pesawat dan mendapatkan uang dari harga tiket yang dibeli adalah hal yang sangat susah dilakukan. Baik itu refund dari pembatalan karena alasan pribadi atau karena sebab lain. Seperti batal karena gunung meletus atau delay pesawat yang berkepanjangan. Dengan aturan baru dari Kemenhub ini, cara refund tiket pesawat diyakini akan lebih mudah dilakukan.

Adapun aturan baru pembatalan tiket pesawat  telah tertuang dalam aturan pemerintah melalui Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri, yang ditetapkan oleh Menteri Perhubungan pada 30 November 2015.

Refund tiket yang dimaksud lebih kepada penerbangan nasional melalui maskapai penerbangan domestik, seperti Lion Air, Citilink, Sriwijaya dan seterusnya. Pengembalian uang tiket (refund) oleh maskapai domestik kepada calon penumpang kelas ekonomi yang membatalkan penerbangannya menjadi hal mudah

Aturan Refund dan Pembatalan Tiket Pesawat

Secara khusus aturan itu berbunyi  sebagai berikut :
“Badan usaha angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri wajib mengembalikan biaya jasa angkutan udara yang telah dibayarkan oleh calon penumpang (refund ticket), apabila penumpang membatalkan penerbangannya,”

Sementara itu aturan cara refund tiket pesawat yang dibatalkan sebagai berikut :

  • Pengembalian tiket pesawat di atas 72 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 75 % dari tarif dasar
  • Pengembalian tiket pesawat di bawah 72 jam sampai dengan 48 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian paling sedikit  50% dari tarif dasar
  • Pengembalian tiket pesawat di bawah 48 jam sampai dengan 24 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian paling sedikit 40% dari tarif dasar
  • Pengembalian tiket pesawat di bawah 24 jam sampai dengan 12 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian paling sedikit 30% dari tarif dasar
  • Pengembalian tiket pesawat di bawah 12 jam sampai dengan 4 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian paling sedikit 20% dari tarif dasar
  • Pengembalian tiket pesawat di bawah 4 jam oleh penumpang sebelum jadwal keberangkatan mendapatkan pengembalian paling sedikit sebesar 10%  dari tarif dasar dan/atau sesuai dengan kebijakan badan usaha angkutan udara niaga berjadwal.
  • Sedangkan bila pembatalan tiket pesawat karena adanya kondisi force majeur, seperti bencana alam gunung meletus, badai dan gangguan alam lainnya, anda sebagai penumpang dapat meminta pengembalian uang dari jasa angkutan udara sebesar harga tiket pesawat yang dibeli dari maskapai penerbangan.
  • Lebih lanjut ditentukan bahwa adanya biaya administrasi yang harus dibayarkan.
  • Yaitu sebesar masing-masing 20% untuk penerbangan dengan kelompok pelayanan full service 15% untuk penerbangan dengan kelompok pelayanan medium service, dan 10% untuk penerbangan dengan kelompok pelayanan no-frills atau maskapai penerbangan biaya rendah.
  • Dalam peraturan tersebut, Kemenhub juga mengatur jangka waktu pengembalian biaya tiket oleh maskapai kepada penumpang.
  • Jangka waktu pengembalian uang wajib dilakukan selambat-lambatnya 15 hari kerja sejak pengajuan. Kebijakan ini berlaku untuk pembelian tiket secara tunai. Sedang jika anda beli tiket pesawat dengan kartu kredit atau debet batas waktu pengembalian dana (refund) adalah  30 hari kerja sejak pengajuan.

Cara Refund Tiket pesawat

Lalu langkah selanjutnya bagaimana ? setiap maskapai penerbangan punya kebijakan masing-masing dalam hal pembatalan. Pastikan anda punya info kontak tiap maskapai. Hubungi nomor telepon mereka secepatnya, katakan anda mau batalkan tiket dan minta refund. Jika ada beli tiket pesawat pada agen perjalanan, bisa juga minta bantuan mereka. Tidak semua bisa, tapi ada kebanyakan customer service yg berikan bantuan pembatalan tiket yang anda beli.

Penetapan mekanisme refund dari maskapai kepada calon penumpang yang membatalkan penerbangannya ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Perhubungan dalam memberikan perlindungan serta meningkatkan pelayanan terhadap pengguna jasa penerbangan domestik di Indonesia.

Semoga kedepannya aturan refund mudah ini bisa diberlakukan dengan benar dan seluruh maskapai penerbangan domestik dapat menaati dengan bijak. Anda sebagai penumpang dapat mengambil manfaat dan kejelasan status atas penerbangan yang dibatalkan juga dengan ini akan semakin jelas. Hak-hak konsumen harus ditegakkan tidak terkecuali bila anda beli tiket pesawat online dan ingin refund dengan segera.

Info Terkait :

No Responses

Leave a Reply