Ini Daftar Maskapai Indonesia yang Lolos terbang Ke Eropa

negara-schengen-areaAturan yang ketat dari Uni Eropa merupakan langkah penting demi keselamatan indsutri penerbangan dunia. Dan ujungnya adalah penumpang sebagai pihak yang banyak merasakan manfaatnya. Tiap tahun otoritas penerbangan Eropa lalukan penelitian audit untuk segela maskapai penerbangan dari seluruh dunia. Gunanya agar jadi pedomain maskapai mana yang aman sehingga boleh atau tidak masuk ke wilayah langit Eropa.
Setelah menjalani proses audit, Otoritas Uni Eropa menyatakan keempat maskapai tersebut lolos standar keselamatan. Hasil audit Uni Eropa merujuk pada hasil audit International Civil Aviation Organization (ICAO)

Berdasar keterangan dari kementrian perhubungan berikut adalah maskapai yang yang lolos bisa terbang ke Uni Eropa :
“Pada Mei 2014 ICAO telah lakukan audit. Kita melakukan cap (Corrective Action Plan) revisi plan, seperti Garuda, Airfast Indonesia, Premi Air, Indonesia AirAsia. Mereka mengikuti perubahan safety over site,” kata Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU).

Untuk diketahui Air Fast dan Premi Air adalah dua maskapai penerbangan yang khusus layani jalur khusus. Yang mana kebanyakan adalah charter untuk keperluan bisnis dan hiburan.

airfast-indonesia premi-air

Secara otomatis sejumlah maskapai penerbangan lain yang tidak disebutkan tidak boleh terbang ke langit Eropa. Akibatnya bagi anda yang mau pergi terbang ke Eropa mencari tiket internasional, harus cari alternatif penerbangan yang lain.

Namun begitu, saat ini hanya Garuda saja yang punya rute penerbangan langsung ke Eropa. Maskapai lain belumlah ada. Sehingga dampak bagi anda tidak akan begitu terasa. Lain halnya pada masalah keamanan. Ini jadi faktor yang tetap menjadi perhatian. Dengan adanya larangan terbang menandakan ada faktor keamanan yang kuran.

Ini ditandai dengan misalnya armada pesawat yang sudah tua, frekwensi perawatan pesawat yang kuran terjaga, kontrol perawatan yang kuran, standar operasional yang kurang penuhi syarat.

Sebuah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dengan segara agar industri penerbangan Indonesia kian diakui dunia. Seperti akhir-akhir ini sering terjadi kecelakaan pesawat terbang menjadikan aturan keselamatan semakin diperketat. Untuk itu sangat diharapkan adanya perbaikan mutu pelayanan dan sekaligus aspek keselamatan penumpang jangan sampai diabaikan.

Sehingga nantinya kedepan tidak ada lagi maskapai yang diblack list dariĀ  uni eropa. Ini tentu harapan kita semua.

Info Terkait :

Leave a Reply