Garuda Akan Hapus Rute Penerbangan Langsung Jakarta-Amsterdam

Tiket Pesawat Garuda IndonesiaKabar mengejutkan datang dari Maskapai Penerbangan plat merah Garuda Indonesia. Belum genap setahun beroperasi, mereka berencanan untuk menghapus rute penerbangan nonstop Jakarta-Amsterdam. Hal ini timbul setelah pihak PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara menurunkan angka PCN (pavement classification number) landasan bandara internasional itu. Karena berubahnya angka tersebut, Sehingga landasannya sekarang tidak aman untuk menahan bobot armada pesawat terbang yang besar. Seperti layaknya pesawat milik Garuda Boeing 777-300ER.

Dengan penumpang dan bahan bakar penuh berat pesawat akan semakin bertambah. PCN adalah tolok ukur yang ditetapkan oleh International Civil Aviation Organization untuk mengukur kekuatan landasan pacu, taxiway, dan apron. Jadi ini adalah masalah teknis yang harus segera diperbaiki oleh pihak Angkasa Pura selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta

Karena perubahan standar itu, Garuda Indonesia terancam tidak bisa menjual seluruh kursi yang tersedia sehingga. Akibatnya dikhawatirkan penerbangan ini dapat merugikan operasional perusahaan. Menurut Novianto Herupratomo, Direktur Operasional Garuda Indonesia, kelebihan bobot yang tidak diimbangi dengan kualitas landasan yang baik bisa membahayakan penumpang. “Kita tengah mempertimbangkan untuk tetap mengoperasikan rute itu namun dengan transit di Singapura,” ujarnya. “Namun Garuda akan tetap mengoperasikan penerbangan langsung dari Amsterdam ke Jakarta,” kata Novianto seperti dikutip dari siaran persnya.

Sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan meminta pihak PT Angkasa Pura II untuk memperbaiki landasan pacu, Tapi prosesnya akan sangat memakan waktu. “Mengatur ulang rute penerbangan adalah solusi yang termudah.” Belum jelas kapan Garuda akan merealisasikan hal ini, namun tentu satu tindakan yang amat disayangkan. Rute nonstop Jakarta-Amsterdam mulai dibuka pada 30 Mei 2014 dan dilayani sebanyak lima kali per pekan. Rute Garuda ini merupakan satu-satunya penerbangan yang menghubungkan Indonesia dengan Eropa secara langsung. Durasi perjalanannya pun semakin cepat, yakni hanya berdurasi kurang dari 14 jam.

Info Terkait :

Leave a Reply