Bandara Ngurah Rai Berencana Tambah Runway dengan Reklamasi

Bandara Ngurah Rai BaliBali yang kian hari semakin sibuk menerima turis yang mengunjungi, dibebani dengan masalah penerbangan yang rumit. Karena setiap tahun bandara Ngurah Rai selalu penuh, bahkan tidak kuat lagi menampung pesawat dan penumpang yang jumlahnya kian melonjak.

Menyikapi ini, Pengelola bandara Internasional Ngurah Rai, Bali‎, PT Angkasa Pura (AP) I
berencana menambah landasan pacu. Walaupun saat ini, masih terus dikaji, dimana sebagian pembangunannya dikerjakan dengan reklamasi di perairan sebelah barat bandara. Betul, reklamasi seperti yang sekarang ramai diperbicarakan pada kasus Teluk Jakarta.

Menurut Trikora, kajiannya perlu disosialisasikan kepada masyarakat dan pemangku kebijakan Provinsi dan wilayah setempat. Diakuinya, bila dikaitkan dengan pariwisata dan makin banyaknya wisatawan yang datang ke Bali, perlu dilakukan penambahan kapasitas runway.

Saat runway ditambahkan, idealnya wujud dan ukuran adalah sama seperti yang ada sekarang yaitu dengan panjang 3000m dan lebar 45. Sehingga ini akan mencukupi untuk tipe pesawat berbadan besar dan lebar. Yang tentunya cocok sebagai bandara internasional yang menerima pesawat besar dari berbagai ukuran.

Sebagai salah satu Bandara Transit, Ngurah Rai buka 24 jam dan bisa layani penumpang per tahunnya mencapai 15 hingga 25 juta penumpang. Satu jumlah yang sangat fantastis.

Tidak heran juga kalau tiket pesawat ke bali selalu jadi incaran dan bahan buruan para wisatawan karena mengingat harganya yang suka naik turun tidak jelas. Apalagi saat hari raya keagamanan, bisa berlipat kenaikannya.

Info Terkait :

Leave a Reply