Bandara Jember Kembali Ditutup Akibat Letusan Gunung Raung

Bandara-notohadinegoroKarena meningkatnya kembali aktivitas Gunung Berapi Raung,Bandara Notohadinegoro Jember, Jawa Timur kembali ditutup oleh Kementerian Perhubungan, Senin (13/7/2015).
Adapun bandara akan ditutup sejak pukul 08.00-16.00 WIB. Untuk itu penerbangan Garuda Indonesia dengan tujuan Surabaya-Jember dan Jember-Surabaya dibatalkan.

Sementara dilangit masih banyak debu sisa letusan gunung kemarin. Debu vulkanik ini sangat berbahaya bagi penerbangan karena bisa menggesek badanĀ  pesawat dan apalagi baling-baling pesawat. Meskipun bentuknya kecil, debu ini bila terbang dengan kecepatan tinggi oleh angin dan bertabrakan dengan pesawat yang mencapai kecepatan ratusan kilometer per jam. Hal ini akan menjadi suatu benda yang sangat tajam menyayat. Oleh karena itu banyak penerbangan dialihkan bukan saja karena penglihatan yang terganggu tapi terlebih akan adanya gangguan keselamatan.

Bahkan pada penerbangan di Eropa saja yang sudah berteknologi tinggi, debu vulkanik ini akan tetap mengganggu. Seperti terjadi pada beberapa tahun lalu, dimana gunung vulkanik di Islandia yang meletus. Seluruh penerbangan Eropa jadi lumpuh.

Dengan pembatalan penerbangan ini ada sejumlah penumpang yang terlantar. Yaitu 54 orang dari Surabaya-Jember dan sisanya Jalur Jember-Surabaya menyisakan 30 orang. Bagi para penumpang yang terlantar akan diadakah kompensasi berupa penjadwalan ulang atau kembali uang dari tiket pesawat yang telah dibeli.

Info Terkait :

Leave a Reply