Cara Transit dan Pindah Pesawat di Bandara Soekarno Hatta

Petunjuk Transit Bandara Soekarno-Hatta

Mau transit di bandara dalam penerbangan nanti ? Anda harus tahu cara dan langkah melakukan transit dengan benar. Transit saat naik pesawat domestik lewat Bandara Soekarno-Hatta sering terjadi. Dari hanya pindah pesawat dalam satu maskapai sampai sampai transit beda pesawat dan beda maskapai harus diketahui. Ini juga berlaku di Airport  Cengkareng. Jika anda lewat pelabuhan udara di Jakarta ini ada beberapa hal yang perlu diketahui. Tips bagaimana cara melakukan transit. Dan cara pindah pesawat akan sangat membantu kenyamanan selama di bandara dan terlebih dalam perjalanan anda. Cara transit di bandara dengan benar adalah salah satu hal wajib saat naik pesawat.

Bandar Udara Soekarno- Hatta

Sebagai salah satu kebanggaan rakyat Indonesia, Bandara Soekarno Hatta merupakan salah satu bandara terbesar di Nusantara. Banyak sekali masyarakat Indonesia dan turis yang lalu lalang menggunakan bandara tersebut. Terdiri dari 3 terminal pemberangkatan dan kedatangan, dibutuhkan ketelitian bila lewat atau berkunjung kesana. Bisa jadi ada masalah kecil yang mungkin membuat anda kebingungan, yaitu masalah transit. Disini, Anda akan mengetahui cara transit bandara Soekarno Hatta.

Tips Cara Transit

  • Tips pertama cara transit bandara Soekarno Hatta yaitu gunakan maskapai penerbangan yang sama, jika Anda harus berpindah pesawat. Hal ini agar Anda terhindar dari ketinggalan pesawat karena delay. Dengan menggunakan maskapai yang sama, Anda lebih merasa aman dan tidak akan ketinggalan pesawat karena jadwal yang memang sudah diatur sedemikian rupa. Selain itu, biasanya maskapai penerbangan akan bertanggung jawab terhadap keterlambatan penerbangan sehingga Anda masih bisa mengikuti penerbangan selanjutnya.
cara-transit-di-Bandara-soekarno-hatta

rute Medan – Bali pakai Sriwijaya dengan transit di Soekarno-hatta, pindah pesawat, maskapai sama. waktu transit 13 jam 25 menit.

  • Tips kedua yaitu menyiapkan waktu transit yang cukup. Anda harus mengetahui dan mengira-ira jika ada beberapa faktor yang membuat Anda terlambat seperti delay pesawat, lamanya pengambilan bagasi, dan waktu untuk berpindah dari terminal di dalam bandara. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa terhindar dari ketertinggalan pesawat. Ini yang sering sekali dialami oleh orang yang baru pertama kali bepergian menggunakan pesawat. Tips cara transit bandara Soekarno Hatta ini bermanfaat agar Anda tidak begitu terburu-buru dalam berpidah pesawat karena waktu yang sangat tipis. Untuk waktu yang ideal dalam bepindah pesawat adalah sekitar 4 jam. Ini hanya sebagai pencegahan jika ada sesuatu yang mengganggu penerbangan memperlambat jadwal keberangkatan Anda. Lebih lama dari itu bisa anda manfaatkan untuk jalan-jalan
  • Sebaliknya, hindari waktu transit yang lama, apa lagi sampai beda hari. Ini akan merepotkan anda di Bandara. Karena harus  menginap di bandara, atau perlu booking hotel untuk bermalam. tentu akan tambah ongkos lagi. Jadi pilihlah penerbangan dengan waktu transit pendek. Walau memang kalau tiket murah biasanya transit memakan waktu lama.

    Display Jadwal Penerbangan di Bandara

     

  • Tips ketiga, bawalah barang secukupnya. Barang-barang yang Anda bawa bisa saja memberatkan Anda dan menghalangi Anda dalam berpindah pesawat. Dengan membawa barang-barang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda akan lebih mudah dalam berpindah. Terlebih, biasanya barang bawaan yang banyak menjadi rawan tertinggal. Maka dari itu, lebih baik bawa barang bawaan Anda secukupnya. Dan jika perlu kumpulkan semua menjadi satu di dalam tas besar sehingga akan lebih mudah dalam membawa dan tentunya tidak akan tertinggal karena alasan lupa.

Cek Jadwal Penerbangan

  • Cek terus gerbang pemberangkatan pesawat. Pastikan tidak ada perubahan seperti apa yang tercantum dalam tiket. Ini bisa dilihat pada papan di layar TV Bandara. Utamanya bila mendekati waktu terbang, cek lagi apa gerbang tidak berpindah. Karena hal ini lazim terjadi. Gerbang (Gate) pindah akan sebabkan banyak masalah, seperti harus mencari gatenya, perjalanan ke sana yang mungkin jauh. Atau harus lewat portal keamanan lagi. Sehingga waktu terbuang cukup banyak.

 

  • Bepergian dengan orang lanjut usia atau bayi ?. Jika Anda mengetahui bahwa Anda akan transit di bandara Soekarno Hatta atau bandara internasional dengan waktu lama, ada baiknya untuk ada teman atau keluarga lain dalam perjalanan. Gunanya membantu anda dalam berbagai kegiatan selama penerbangan, Atau Kalau terpaksa harus sendiri dengan anak kecil dan lansia. Usahakan minta bantuan kepada petugas bandara. Saat booking tiket anda juga bisa bilang pada maskapai agar dapat bantu. Misalnya dengan menyediakan kursi roda bagi lansia. Atau sediakan kereta dorong bagi bayi dan anak.
  • cara-transit-di-bandara

    rute Jakarta – Tokyo naik Garuda transit di Seoul Korea, selanjutnya pindah pesawat dan beda maskapai, yaitu Asiana Airlines. waktu transit hampir 7 jam.

     

Jenis-Jenis Transit di Bandara

Perlu diingat ada berbagai macam tipe transit yang perlu anda ketahui :

transit-di-bandara-di-internasional

Garuda rute Jakarta – Frankfurt , transit di Schipol Amsterdam, pindah pesawat KLM. Dengan waktu transit 2 jam

  1. Pesawat Sama, Maskapai sama : Ini bila penerbangan dilakukan dengan maskapai penerbangan sejenis. Misalnya penerbangan internasional anda mau terbang ke Jerman naik pesawat Garuda. Maka rute yang dilalui Jakarta- Singapura, > transit > Singapura – Frankfurt Jerman. Anda hanya tunggu beberapa jam, tidak perlu keluar bandara. Dan bagasi juga tidak perlu anda ambil. Semua koper bisa anda ambil di kota tujuan terakhir.
    • Transit Tanpa Turun pesawat : Anda disuruh nunggu ditempat duduk. Penumpang  yang mau turun dan naik dipersilahkan bergantian
    • Transit Turun Pesawat, Barang bawaan tetap dipesawat : Anda cuma diminta turun dan tunggu diruang yang telah disediakan. Tidak perlu lapor ke petugas. Biasanya pesawat dan ruang tunggu sangat berdekatan. Untuk apa ini ? bisa jadi pesawat mau isi bahan bakar, isi catering, atau isi bekal lain selama perjalanan.
    • Transit Turun Pesawat : anda harus lapor ke petugas transit dan nanti dikasih boarding pass lagi. Biasanya kalau transit lebih dari satu jam anda bebas bergerak di area bandara. Barang bawaan harus dibawa. Jika mau naik lagi berarti serahkan kembali boarding pass kepada petugas.
  2. Beda Pesawat : Anda harus pindah pesawat
  3. Beda Maskapai penerbangan : anda berarti harus pindah pesawat juga sekaligus ganti maskapai. Bisa jadi anda harus pindah terminal, cek dan ricek keterangan di bandara
  4. Beda Bandara. Ini lebih parah lagi, jika di dalam satu kota ada 2 bandara, berarti anda harus pindah dengan bus atau kereta api. Biasanya sudah ada fasilitas dari maskapai. Namun begitu harus teliti dan benar-benar ikuti petunjuk petugas. Misalnya dalam Jakarta. Dari transit di Bandara Soekarno-Hatta anda harus naik pesawat perintis lagi dari Bandara Halim.

Demikian beberapa tips yang bisa anda terapkan saat transit di Bandara. Utamanya di bandar udara Soekarno-Hatta Jakarta cara pindah pesawat ini sangat membantu. Selain itu walau anda misalnya belum berpangalaman, usahakan tetap tenang. Baca dengan baik petunjuk yang ada di Bandara. Jika masih bingung, segeralah bertanya pada petugas bandar udara. Jangan sungkan dan ragu. Apalagi malu-malu. Karena seperti anda tahu, malu bertanya sesat di penerbangan.

Info Terkait :

No Responses

Leave a Reply