Tiket Pesawat ke Aceh

Apakah anda berkampung halaman di Aceh? Jika iya, tentu sudah menjadi kewajiban bagi anda untuk mengecek harga tiket pesawat ke Aceh. Harga tiket ke Aceh dari Jakarta dan kota-kota lain di Jawa dan sekitarnya relatif tinggi mengingat letaknya paling di ujung. Harga tiket ke kota ini tidak jauh berbeda dengan tiket ke Singapura dan Malaysia meskipun kedua kota ini sudah berada di luar Indonesia. Kisaran harganya sekitar 900 ribu hingga sedikit di atas 1 juta rupiah. Untuk di musim-musim mudik seperti kemarin, harga tiket ke destinasi ini bisa naik berlipat-lipat. Banda Aceh yang dikenal sebagai Serambi Mekkah merupakan sebuah provisi di sebelah ujung paling Barat Indonesia dengan ibukota yang juga bernama Aceh. Aceh pernah mendapat perhatian dunia ketika kawasan ini diguncang tsunami hebat 2004 silam. Namun sekarang kota ini sudah hampir pulih seperti sedia kala.

Jika anda berkunjung kesini, anda masih bisa menemukan sisa-sisa bekas tsunami hebat tersebut, salah satunya adalah kapal yang terdampat di daratan. Ada banyak yang pengunjung bisa dilakukan disini, seperti menyusuri kearifan lokal masyarakat. Salah satu alasan mengapa harga tiket pesawat ke Aceh lebih mahal dibandingkan kota-kota lain adalah karena jarak tempuhnya. Faktor lainnya adalah karena maskapai yang beroperasi di rute ini tidak sebanyak penerbangan di rute-rute lain, terutama di sekitar pulau Jawa. Jadi maskapai memiliki kesempatan lebih untuk menaikkan tarif tiket meskipun balik lagi, jarak yang jauh mengharuskan maskapai menaikkan harga tiket.

Penerbangan ke kota ini dari Jakarta adalah sekitar 3 jam, hampir sama dengan Jakarta-Denpasar. Hanya saja tidak ada perbedaan waktu antara kedua kota, sehingga penerbangan tidak terasa lebih cepat atau lebih lambat. Pajak Bandara di Aceh tidak jauh berbeda dengan pajak di kota-kota lain se-Indonesia, yaitu 25 ribu rupiah untuk penerbangan domestik. Bandara yang melayani penerbangan di Kota ini adalah Sultan IskandarMuda. Untuk keluar atau masuk bandara, anda bisa memakai taksi dengan tarif puluhan hingga ratusan ribu rupiah.  Ada beberapa rute alternatif yang bisa anda coba selain Jakarta, diantaranya adalah rute Bandung – Banda Aceh dengan tarif sekitar 1,1 juta rupiah dan Bandar Lampung – Banda Aceh dengan tarif 1,5 jutaan rupiah.

Info Terkait :

Leave a Reply