Supadio Pontianak

bandara supadioKota Pontianak sebagai ibu kota Propinsi Kalimantan Barat sangat terkenal dengan sebutan Kota Khatulistiwa karena dilalui oleh garis lintang nol derajat bumi. Daerah yang dilalui garis lintang tersebut, tepatnya di bagian utara Kota Pontianak, dibangunlah Tugu Khatulistiwa. Kota Pontianak juga terkenal dengan Sungai Kapuasnya yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia.

Kota Pontianak memiliki satu bandar udara internasional, yakni Bandara Supadio (PNK). Bandara ini terletak di Kabupaten Kubu Raya, sekitar 17 km dari pusat Kota Pontianak. Sebagai bandara internasional, Bandara Supadio memiliki tiga terminal utama. Yakni terminal penumpang domestik, terminal penumpang internasional, serta terminal kargo. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap penumpang, PT. Angkasa Pura II sebagai pihak pengelola Bandara Supadio berusaha melakukan pembenahan di sejumlah fasilitas bandara.

Di antaranya adalah pembangunan terminal baru yang sudah berlangsung sejak tahun 2010 lalu. Termasuk juga memperluas landasan pacu agar jenis pesawat berbadan lebar bisa mendarat di bandara tersebut. Beberapa maskapai memang telah mendesak pihak bandara agar segera melakukan perluasan landasan pacu  kerena mereka sudah bersiap memasukkan jenis pesawat berbadan lebar semisal Boeing 737-900 ER dan Airbus 330.  Tidak hanya itu saja, pembenahan juga dilakukan pada sejumlah fasilitas lain bandara semisal sarana perkantoran, terminal kargo, dan ruang tunggu.

Sejumlah maskapai yang menempuh rute penerbangan domestik melalui Bandara Supadio di antaranya adalah Batavia Air (Jakarta, Batam, Yogyakarta, Semarang, Surabaya), Sriwijaya Air (Jakarta), Lion Air (Jakarta), Garuda Air (Jakarta), Indonesia Air Transport (Ketapang, Putussibau, Pangkalanbun, Semarang), Trigana Air Service (Ketapang, Putussibau), Kalstar (Ketapang, Pangkalanbun). Adapun maskapai yang beroperasi di sini dan melayani rute penerbangan internasional yakni Batavia Air (Kuching, Singapura), Malaysia Airlines System (Kuching), Kalstar (Kuching).

Sejumlah fasilitas yang terdapat di bandara ini antara lain ATM, mini market, wartel, restoran, kafe, bank, shopping arcade, dan lounge. Jika Anda hendak menuju Bandara Supadio, satu-satunya sarana transportasi yang bisa Anda gunakan adalah taksi. Informasi lebih lanjut mengenai Bandara Supadio bisa Anda dapatkan di line telepon 0561 – 721560 atau alamat kantornya di Jl. Adi Sucipto Km 17, Pontianak.

FacebookTwitterGoogle+Share

Info Terkait :

7 Responses to Supadio Pontianak

  1. Anonymous mengatakan:

    :-| MAU TAYA KALU DARI PONTI KE PANGKALANBUN BERA YA?

  2. Anonymous mengatakan:

    tolong infokan harga ticket pesawat dari jakarta ke pontianak untuk bulan maret/april 2012 dari semua maskapai terima kasih

  3. Anonymous mengatakan:

    Mohon infonya mengenai jadwal penerbangan Kalstar dari pontianak ke pangkalan bun tgl 28 – 03 pebruari 2012 ???? :-)

  4. Anonymous mengatakan:

    yogyakarta pontianak berapaannya kalau hariminggu malam kalau bisa yang termurah huahhahahahah

  5. Anonymous mengatakan:

    tolong infokan ticket pesawat jakarta-pontianak untuk awal bulan april 2012 dan jadwal penerbangannya dari semua maskapai.. terimakasih

  6. Anonymous mengatakan:

    berapa harga tiket pesawat pontianak-kupang tolong beri informasi untuk semua maskapi.

  7. Bastian Ndolu mengatakan:

    Harga tIket Pontianak Ke Kupang Berapa Untuk Tanggal 21 April 2013

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>