Sultan Iskandar Muda Banda Aceh

Bandara Sultan Iskandar Muda AcehBanda Aceh sebelumnya bernama Kutaraja. Namun pada tanggal 28 Desember 1962 Kutaraja berganti nama menjadi Banda Aceh. Kota ini merupakan ibu kota Daerah Istimewa Aceh yang kemudian berubah menjadi Nangroe Aceh Darussalam.

Satu-satunya bandar udara yang terdapat di kota ini adalah Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ). Bandara ini terletak di Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, berjarak sekitar 16 Km dari pusat kota Banda Aceh.

Nama Sultan Iskandar Muda sendiri diambilkan dari nama raja besar yang pernah berkuasa di Kerajaan Aceh, yakni Sultan Iskandar Muda. Bandara Sultan Iskandar Muda merupakan salah satu bandara di tanah air yang pengelolaannya diserahkan kepada PT. Angkasa Pura II.

Sejumlah maskapai yang melayani rute penerbangan melalui Bandara Sultan Iskandar Muda antara lain Air Asia (Kuala Lumpur), Batavia Air (Jakarta, Medan), Cardig Air (Jakarta), Firefly (Penang), Garuda Indonesia (Jakarta, Medan, Jeddah), Lion Air (Jakarta, Medan), Sriwijaya Air (Medan), Susi Air (Nagan Raya). Adapun jenis pesawat yang bisa mendarat di bandara ini yakni Airbus, Antonov, ATR, Boeing, DHC, CASA, Douglas, Embraer, Fokker, Ilyushin, dan McDonnell Douglas.

Bandara Sultan Iskandar Muda memiliki tiga terminal utama, yaitu terminal domestik berkapasitas 1.300 penumpang, terminal internasional berkapasitas 640 penumpang, dan terminal kargo. Sewaktu tsunami mengguncang Samudra Hindia pada tahun 2004, bandara ini sempat mengalami sejumlah kerusakan yang cukup parah.

Khususnya kerusakan di bagian Air Traffic Control (ATC) serta landing system. Akibat kerusakan tersebut, bandara ini sempat tidak bisa beroperasi selama hampir tiga jam. Namun begitu kerusakan bisa diatasi, bandara akhirnya bisa difungsikan sebagai basis pengiriman bantuan dan obat-obatan untuk menjangkau daerah-daerah yang terisolir akibat bencana.

Bandara Sultan Iskandar Muda menyediakan sejumlah fasilitas umum untuk penumpang, yakni restoran, hotel, sarana kesehatan, bank, dan kantor pos. Adapun sarana transportasi yang bisa Anda gunakan untuk sampai ke bandara tersebut berupa taksi dan mobil sewa.

Informasi lebih lanjut mengenai Bandara Sultan Iskandar Muda bisa Anda dapatkan di nomor telepon 0651-21341, 635352 atau langsung di alamat kantornya, Jl. Banda Aceh, Blang Bintang.

FacebookTwitterGoogle+Share

Yang ini juga menarik :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>