Cari Tiket Pesawat Murah Disini
voucher-hotel tiket pesawat promo

Polonia Medan

Bandara Polonia medanMedan sebagai ibu kota Propinsi Sumatera Utara memiliki letak yang strategis karena menjadi pintu gerbang untuk menuju beberapa obyek wisata terkenal semisal Brastagi (dataran tinggi Karo) maupun danau Toba.

Medan sebagai kota terbesar di Pulau Sumatera juga memiliki sejumlah obyek wisata yang patut diperhitungkan. Misalnya saja Istana Maimun, Masjid Raya Medan, serta beberapa gedung yang berarsitektur klasik khas Belanda semisal Titi Gantung atau Menara Air yang sangat terkenal itu.

Medan juga memiliki sebuah bandar udara internasional, yakni Bandara Polonia (MES) yang berjarak sekitar 2 km dari pusat kota Medan. Sebelum dibangun menjadi bandara, kawasan ini sebenarnya merupakan area perkebunan tembakau milik Baron Michalsky, seorang warga negara Polandia.

Michalsky mendapatkan konsesi atas lahan perkebunan tersebut dari Pemerintah Belanda. Ia akhirnya menamakan kawasan itu menjadi Polonia, sesuai dengan nama salah satu daerah di negara asalnya.

Setelah konsesi atas lahan berpindah tangan kepada Deli Maatschappij pada tahun 1879, dibangunlah lapangan terbang pertama di Medan. Pembangunan ini berawal dari kabar kedatangan Van Der Hoop, penerbang asal Belanda, yang akan menerbangkan pesawat kecil berjenis Fokker di wilayah kekuasaan Hindia Belanda. Bandara Polonia akhirnya selesai dibangun dan resmi dibuka baru pada tahun 1928.

Seiring dengan waktu, jumlah penumpang bandara ini terus bertambah, baik untuk penumpang domestik, penumpang internasional maupun jasa kargo. Ada dua terminal yang disediakan untuk memperlancar arus penerbangan, yakni terminal kedatangan dan terminal keberangkatan.

Maskapai yang rute penerbangan domestiknya melalui Bandara Polonia antara lain Indonesia Air Asia, Batavia Air, Garuda Indonesia, Kartika Airlines, Lion Air, Mandala Airlines, Merpati Nusantara Airlines, Riau Airlines, Sriwijaya Air, dan Susi Air. Untuk rute penerbangan internasional antara lain maskapai Indonesia Air Asia, Valuair, Lion Air, Malaysia Airlines, Firefly, Silk Air, dan Sriwijaya Air.

Sarana transportasi yang bisa digunakan untuk mencapai Bandara Polonia, antara lain taksi dan angkutan umum. Sejumlah fasilitas yang disediakan di bandara tersebut antara lain ATM, wartel, mini market, restoran, kafe, bank, shopping arcade, money changer, dan waving gallery. Informasi mengenai bandara ini bisa Anda dapatkan dengan menghubungi nomor telepon (061)4565777–4557227 atau datang langsung ke alamatnya di Jl. Imam Bonjol Medan.

Info Terkait :

11 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *