Pentingnya Mengenal Terminal Bandara Soekarno Hatta

Bagi anda yang mau naik pesawat lewat bandara Soekarno-Hatta ada sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tentang terminal yang ada. Karena luas dan banyaknya ruang menjadikan bandara sebagai tempat yang cukup rumit untuk dijelajahi. Utamanya bagi anda yang belum pernah, atau jarang ke bandara. Mengenal berbagai terminal akan sangat membantu. Juga bagi anda yang mau jemput, sehingga tahu letak terminal keberangkatan dan kedatangan Soekarno-Hatta.

3 Terminal

Terminal yang ada di dalam bandara Soekarno Hatta dibagi menjadi tiga terminal, terminal 1, 2, dan terminal 3. Untuk lebih mengenal terminal bandara Soekarno Hatta, berikut keterangan yang bisa buat acuan anda ketika berkunjung ke bandara di Jakarta ini.

  • Terminal 1

Fungsi utama Terminal 1 digunakan untuk penerbangan domestik, sehingga tidak memungkinkan untuk Anda yang ingin bepergian ke luar negri melewati jalur terminal ini. Terminal 1 dibagi menjadi 3 cabang, yaitu terminal 1a, terminal 1b, dan terminal 1c.Untuk terminal 1a dan 1b digunakan untuk maskapai penerbangan Lion Air, sedangkan untuk terminal 1c untuk maskapai penerbangan Batik Air, Citilink, Trigana, dan juga Kalstar.

Perbedaan terminal 1a dan terminal 1b adalah jurusan penerbangan itu sendiri. Meski sama-sama menggunakan maskapai Lion Air, tujuan setiap terminal tersebut berbeda. Terminal 1a ditujukan untuk jurusan Kalimantan dan Sulawesi, sedangkan terminal 1b untuk jurusan Sumatra. Selain itu, terminal 1a juga digunakan oleh maskapai penerbagan Wing Air, sedangkan terminal 1b digunakan oleh maskapai Sriwijaya Air.

  • Terminal 2

Mengenal terminal bandara Soekarno Hatta yang lain, terminal 2 dibagi menjadi 3 jalur, yaitu terminal 2d, 2e, dan 2f. Untuk terminal 2d dan 2e ditujukan untuk penerbangan internasional, sehingga jika Anda ingin pergi ke luar negeri, Anda akan melewati terminal ini. Sedangkan terminal 2f digunakan untuk penerbangan domestik. Untuk terminal 2d, semua maskapai luar negri yang dilayani oleh PT Jasa Angkasa Semesta ada disini, sedangkan untuk terminal 2e dihuni oleh maskapia internasional yang dilayani oleh Garuda. Terminal 2f hanya untuk tujuan domestic oleh maskapai Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara Airlines.

  • Terminal 3
terminal 3 soekarno-hatta

Terminal 3 Soekarno-Hatta

Terminal 3 dikuasai oleh maskapai penerbangan Lion Air dan juga Air Asia. Terminal ini ditujukan untuk maskapai penerbangan berbiaya murah dengan tujuan local seperti Jawa, Bali, dan Lombok. Terminal yang baru dibangun pada 15 April 2009 ini juga dihuni oleh Mandala Airlines yang merupakan maskapai penerbangan dengan harga relatif murah. Terminal ini seperti diketahui telah dibangun ulang dengan cukup megah. Sehingga ada banyak perubahan. Baik dari segi pelayanan maupun lokasi pesawat terbang. Seperti Garuda Indonesia sekarang pindah ke terminal ini, dari sebelumnya di terminal 2.

Demikian beberapa terminal yang ada di bandara Soekarno Hatta. Jika Anda ingin bepergian menggunakan jasa penerbangan, menjemput orang, atau sekedar jalan-jalan, Anda sebaiknya lebih dahulu mengetahui jalur atau terminal yang akan Anda lalui sehingga Anda tidak akan kebingungan untuk mencari-cari maskapai yang Anda tuju. Mengenal terminal bandara Soekarno Hatta terlebih dahulu menjadi solusi terbaik dan terbijak untuk Anda jika Anda akan menggunakan bandara ini karena bandara yang luas bisa memungkinkan Anda kebingungan dalam mencari tujuan Anda.

Info Terkait :

No Responses

Leave a Reply