Langkah dan Cara Menjemput di Bandara Soekarno Hatta

Bandara Soekarno-Hatta

Suasana di dalam Bandara Soekarno-hatta

Anda ingin jemput orang di Bandara ? Kalau di Jakarta pastinya di Cengkareng. Karena bandara Soekarno-Hatta menjadi salah satu bandara tersibuk di Indonesia. Dengan lebih dari 100 penerbangan setiap harinya tentu banyak sekali penumpang yang berdatangan masuk dan keluar dari airport Ibu Kota ini. Langkah dan cara menjemput orang di Bandara Soekarno Hatta Jakarta perlu anda ketahui sebelum jemput tamu penting untuk pertama kalinya.

Karena banyaknya jumlah penumpang  mencapai ribuan orang, tentu membuat para penjemput bingung untuk mencari saudara atau kenalan mereka dalam keramaian. Memang sekilas jika dibandingkan dengan bandara-bandara lain di Indonesia cara dan langkah menjemput tamu di Bandara Soekarno Hatta tidak jauh berbeda. Hal-hal yang membedakan lebih banyak terkait karena jauhnya bandara dari pusat kota dan luasnya wilayah bandara.

Berikut ini adalah beberapa prosedur yang perlu anda perhatikan tentang cara jemput orang di bandara Soekarno Hatta. Ini juga bisa diterapkan jika anda ingin jemput tamu atau TKI dari luar negeri :

  • Ketahui jadwal penerbangan

Informasi tentang kedatangan kerabat, atau siapa saja orang yang anda mau jemput, adalah hal yang paling penting. Jangan sampai informasi yang anda dapatkan salah atau terlewatkan karena akan menimbulkan kesulitan tersendiri. Terlebih lagi jarak antar terminal di Bandara Soekarno Hatta cukup jauh sehingga anda perlu benar-benar memperhatikan di mana kerabat anda akan tiba, jika sampai anda keliru tentu akan sangat merepotkan. Periksa dengan teliti jadwal penerbangan terbaru di bandara.

Memastikan terlebih dahulu penerbangan apa yang kerabat anda gunakan dan di terminal mana ia akan tiba adalah salah satu cara menjemput di bandara Soekarno Hatta yang perlu diperhatikan. Jika anda sudah mengetahui jadwal penerbangan, jenis maskapai, gate berapa, akan mudah bagi anda untuk mencari informasi tentang tempat dan waktu kedatangan penerbangan tersebut.

Terminal Kedantangan Bandara Soekarno-Hatta

Suasana Penjemputan di Terminal Kedatangan Bandara Soekarno-Hatta

Cara untuk tahu data penerbangan adalah dengan mendapatkan data  tiket pesawat yang digunakan. Minta kopi dari tiket pesawat, boarding pass atau nomor penerbangan dengan baik. Ini akan jadi sumber acuan yang penting dan tepat akan informasi kedatangan pesawat.

  • Hitung perjalanan dari rumah menuju bandara.

Hal ini menjadi penting untuk anda perhatikan. Karena seperti yang anda ketahui bagaimana kondisi lalu lintas kota Jakarta, macet dan beberapa jalan memutar. Ini yang akan memperlama waktu tempuh perjalanan dari rumah ke bandara. Anda perlu benar-benar memperhitungkan waktu tempuh perjalanan tersebut dengan waktu kedatangan pesawat. Supaya anda tepat waktu. Dan tidak  menunggu terlalu lama di bandara. Hal lain yang juga menjadi sedikit hambatan untuk anda adalah mencari tempat parkir terdekat dengan terminal kedatangan yang anda tuju. Jika anda beruntung maka anda mungkin cepat mendapatkannya.

Perlu diketahui, antara waktu mendarat pesawat dengan keluarnya penumpang di bandara ada jarak waktu. Tergantung jenis penerbangan, lokasi terminal dan barang bawaan. Berkisar dari hitungan menit sampai satu jam. Ini juga bisa jadi bahan pertimbangan anda untuk waktu yang dibutuhkan. Seseorang ketika keluar dari dari pesawat harus berjalan, atau naik bus menuju pintu keluar. Disini dia harus lewat cek pemeriksaan imigrasi dan bea cukai. Juga menunggu datangnya bagasi koper dan barang bawaan akan memakan waktu. Kalau semua lancar, bisa cepat selesai. Jika banyak yang  mesti diurus akan butuh waktu lebih lama lagi.

  • Mengetahui denah kawasan bandara

    Peta-terminal-1a-Soekarno-Hatta

    Contoh Peta Bandara. Denah Terminal 1A Soekarno-Hatta. “Arrival Lobby” adalah lokasi penjemputan.

Mengetahui denah kawasan bandara juga menjadi salah satu prosedur yang sangat perlu anda perhatikan, terutama jika anda belum pernah ke kawasan bandara sebelumnya. Anda perlu mengetahui di mana letak masing-masing terminal. Ada 3 terminal yang berada di Bandara Soekarno Hatta yaitu Terminal 1 untuk penerbangan domestik, Terminal 2 untuk penerbangan internasional, dan juga Terminal 3 Ultimate, yaitu terminal low-cost untuk beberapa jenis penerbangan. Pastikan anda tahu tempat jemput yang dituju. Area penjemputan biasanya tertulis jelas di papan peta bandara.  Hal ini akan mempermudah anda untuk menjemput tamu setelah mengetahui informasi tentang kedatangannya. Tempat penjemputan adalah di area Terminal Kedatangan (Arrival ). Awas jangan salah masuk terminal, karena mereka saling berjauhan satu sama lain.

  • Pantau Info Penerbangan Pada Layar

Layar Monitor Informasi di Bandara

Layar Monitor Informasi di Bandara

Pada tiap bandara akan ada di pasang layar monitor yang berisi info penerbangan. Disitu berisi dari nomor penerbangan, gerbang pemberangkatan dan kedatangan, serta jam landing pesawat. Disebutkan juga misalnya koper sedang di rolling belt. Atau sewaktu ada delay disana juga tercantum. Jadi sangat penting untuk terus lihat data dan informasi pada papan pengumuman ini.

Untuk bisa lihat papan ini sangtlah mudah, karena dia terpasang di tempat-tempat strategis yang biasa dilewati orang. Jadi anda akan dengan cepat menemukannya. Anda tidak perlu sungkan atau malu melihat papan informasi ini. Karena ia memang ditujukan bagi para penumpang dan orang umum yang ingin tahu informasi penerbangan. Kalau anda belum paham juga, bisa tanyakan pada petugas di bandara. Mereka dengan senang hati akan beri tahu info yang dibutuhkan akan penjemputan anda.

  • Dapatkan Nomor Telefon Yang bisa dihubungi

Walau sudah persiapkan dengan matang, bisa jadi ada hal  lain dalam perjalanan. Sehingga sangat bermanfaat agar bisa terus saling berkomunikasi. Misalnya ada delay, atau ada permeriksaan lama di imigrasi. Bisa juga lebih lama di kantor bea cukai karena harus urus barang bawaan. Alasan lainnya kenapa harus punya nomor telepon. Bisa saja pesawat beralih dari gerbang yang disediakan, karena alasan penuh misalnya. Jadi pastikan anda bawa HP yang full bateri dan berisi pulsa.

  • Tuliskan Nama Orang di Papan

Papan Nama Jemput orang di Bandara

Contoh papan nama jemput orang di bandara

Anda mungkin sering melihatnya di tempat penjemputan, seorang berdiri menunggu di pintu keluar dengan sebuah papan bertuliskan nama seseorang. Papan ini bisa berujud kertas atau koran dan benda lainnya yg bisa anda tulis dengan jelas. Gunakan ini terutama jika yang dijemput dan anda tidak saling mengenal. Dengan menulis nama, anda mudah dikenali. Sehingga tidak terjadi saling cari-mencari.   Dan tidak buang waktu serta energi. Bagi yang mau jemput saudara juga bisa. Karena begitu banyak orang di Bandara sehingga memakai tanda pengenal dengan papan akan jadi solusi yang baik untuk semua pihak.

Enam langkah dan cara menjemput di bandara Soekarno Hatta di atas semoga dapat memberi manfaat dan informasi tambahan untuk anda saat menjemput saudara, teman, atau rekan bisnis kantor anda di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Berdasar pengalaman yang ada penjemputan TKI dan tamu di airport lain tidak akan jauh beda.

Info Terkait :

No Responses

Leave a Reply