Ahmad Yani Semarang

Bandara Internasional Achmad Yani semarangSemarang merupakan kota pelabuhan yang dulu menjadi bagian dari kerajaan Mataram Kuno. Laksamana Cheng Ho pernah bersandar di sini dan pernah mendirikan klenteng serta masjid. Nama Semarang sendiri berasal dari kata Asem Arang yang tumbuh subur di daerah perbukitan Pragota.

Saat itu perbukitan Pragota menjadi pusat penyebaran Islam yang dilakukan oleh Sunan Pandanaran I. Letak kota Semarang memang sangat strategis karena dilalui jalur pantura.

Kota ini juga memiliki peranan penting dalam sejarah perkeretaapian di Indonesia karena menjadi tonggak awal pembangunan rel kereta api pada masa pendudukan Belanda

Semarang sebagai ibu kota propinsi Jawa Tengah memiliki satu bandar udara, yakni Bandara Internasional Achmad Yani (SRG) yang beralamat di Jl. Puad Achmad Yani, Semarang. Bandara Achmad Yani resmi dijadikan sebagai salah satu bandara internasional di Indonesia sejak tahun 2004. Sebagaimana bandara internasional lain yang ada di Indonesia, Bandara Achmad Yani juga dikelola oleh PT. Angkasa Pura I.

Maskapai yang melayani rute penerbangan melalui bandara ini antara lain Garuda Indonesia (Jakarta), Lion Air (Jakarta), Wings Air (Surabaya, Denpasar), Trigana Air (Pangkalanbun), Kalstar (Pangkalanbun), Batavia Air (Jakarta, Singapura), Mandala Airlines (Jakarta, Banjarmasin, Balikpapan), Sriwijaya Air (Jakarta, Surabaya, Banjarmasin), dan Merpati Nusantara Airlines (Bandung, Jakarta, Pangkalanbun, Sampit).

Seiring dengan perkembangan penumpang yang semakin bertambah dari waktu ke waktu, Pemerintah Propinsi Jawa Tengah bermaksud memindahkan terminal penumpang ke bagian utara landasan pacu. Proyek tersebut diperkirakan akan selesai pada tahun 2012 mendatang. Dengan pemindahan terminal ini, kualitas pelayanan bandara diharapkan bisa semakin baik lagi.

Alternatif transportasi umum yang bisa Anda gunakan untuk menuju Bandara Achmad Yani adalah taksi dan angkutan umum. Tarif taksi yang berlaku dari pusat kota Semarang sekitar Rp. 30 ribu. Untuk angkutan umum tarifnya masih relatif murah.

Anda cukup mengeluarkan uang senilai Rp. 5 ribu dari pusat kota Semarang. Sejumlah fasilitas yang bisa Anda dapatkan di bandara tersebut yakni ATM, wartel, mini market, restoran, kafe, bank, dan shopping arcade. Untuk informasi lebih lanjut seputar badara ini, Anda bisa mengunjungi websitenya di www.ayani-airport.com atau menghubungi line telepon di nomor 024 7608735–7611612.

 

FacebookTwitterGoogle+Share

Info Terkait :

One Response to Ahmad Yani Semarang

  1. Anonymous mengatakan:

    mohon data info, istri sy tgl 11 oktob 11 antara jam 15.55 s.d 18.10 naik taksi bandara menuju k suatu tempat tertentu dgn siapa tak tau. (sendiri ato ada tmannya) nama zaenun khoidah tutun dr pswt garuda indonesia jkt-smg. mohon jika ada yg bsa bantu sya. mohn d emailkan infonya. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>